Doa Mandi di Hari Jumat dan Keutamaannya

 
Doa Mandi di Hari Jumat dan Keutamaannya
Sumber Gambar: Ilustrasi (foto ist)

Laduni.ID, Jakarta - Hari jumat adalah hari utama dan agung di antara hari-hari yang lainnya. Hal ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya, “Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari jumat. Pada hari tersebut Adam AS diciptakan, dimasukkan ke Surga, dikeluarkan daripadanya, dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari jumat.” (HR. Muslim)

Pada hari ini umat islam (laki-laki) yang sudah baligh diwajibkan melaksanakan shalat jumat dan disunahkan mandi sebelum berangkat ke masjid.

Ibnu Abbas  berkata : Rasulullah SAW bersabda: “Hari ini adalah hari besar yang Allah tetapkan bagi ummat Islam, maka siapa yang hendak menghadiri shalat Jum’at hendaklah mandi terlebih dahulu ”. (HR. Ibnu Majah)

Keutamaan Mandi di Hari Jumat

1. Hari dihapuskannya dosa-dosa

Salman Al Farisi  berkata : Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum’at”. (HR. Bukhari).

2. Orang yang berjalan untuk shalat Jum’at akan mendapat pahala untuk tiap langkahnya, setara dengan pahala ibadah satu tahun shalat dan puasa. Aus bin Aus berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang mandi pada hari Jum’at, kemudian bersegera berangkat menuju masjid, dan menempati shaf terdepan kemudian dia diam, maka setiap langkah yang dia ayunkan mendapat pahala puasa dan shalat selama satu tahun, dan itu adalah hal yang mudah bagi Allah”. (HR. Ahmad dan Ashabus Sunan, dinyatakan shahih oleh Ibnu Huzaimah).

3. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa mandi pada hari Jumat seperti mandi jinabat, kemudian berangkat pada jam pertama, ia seperti berkurban dengan unta. Barangsiapa berangkat pada jam kedua, ia seperti berkurban dengan lembut betina. Barangsiapa berangkat pada jam ketiga, ia seperti berkurban dengan kambing bertanduk. Barang siapa berangkat pada jam keempat, ia seperti berkurban dengan ayam betina. Dan barangsiapa berangkat pada jam kelima, ia seperti berkurban dengan telur. Jika imam telah keluar (Maksudnya masuk ke masjid), maka para malaikat datang untuk mendengarkan zikir." (HR Malik).

Doa Mandi Sunnah Jum'at

Bacaan niat mandi sunnah jum'at :

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِحُضُوْرِ صَلاَةِ الْجُمْعَةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul Ghusla Lihudhuri Shalaatil Jum’ati Sunnatan Lillahita’ala

Artinya : “Saya niat mandi untuk shalat pada hari jumat (mandi jum’at) sunnah karena Allah Ta’ala”