Ziarah di Makam Syekh Magelung, Penyebar Islam di Cirebon Utara

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Syekh Magelung, Penyebar Islam di Cirebon Utara

 Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Syekh Magelung adalah murid Sunan Gunung Jati yang ditugaskan oleh gurunya tersebut untuk menyebarkan agama Islam di Cirebon bagian Utara. Selain memiliki gelar nama Syekh Magelung Sakti dan Pangeran Soka, Syarif Syam juga memiliki gelar Pangeran Karangkendal. Nama Pangeran Karangkendal sendiri dia dapat karena ketika sekitar abad XV saat ditugaskan untuk menyebarkan agama Islam di wilayah Utara.

Syekh Magelung Konon rambutnya sendiri panjangnya hingga menyentuh tanah, karena tidak bisa dipotong dengan apapun dan oleh siapapun. Sehingga beliau lebih sering mengikat rambutnya (gelung), kemudian dikenal sebagai Syekh Magelung (Syekh dengan rambut yang tergelung).

Profil
Syekh Magelung Sakti atau Syarif Syam atau Pangeran Soka atau Pangeran Karangkendal. Konon Syekh Magelung Sakti berasal dari negeri Syam (Syria), hingga kemudian dikenal sebagai Syarif Syam. Namun, ada pula yang berpendapat bahwa beliau berasal dari negeri Yaman.

Guru beliau saat menuntut ilmu di antaranya:
Sunan Gunung Jati.

Untuk kelanjutan tentang beliau silahkan baca di Biografi Syekh Magelung

Lokasi Makam
Syekh Magelung dimakamkan di Situs Syekh Magelung Sakti, di desa Karangkendal, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon.

Motivasi Ziarah Menurut Syeikh An Nawawi Banten
     1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
     2. Untuk mendoakan
     3. Untuk mendapatkan keberkahan
     4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah
Makam Syekh Magelung banyak dikunjungi para peziarah. Tak hanya datang dari wilayah Surabaya saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang makamnya berada di Komplek Syekh Magelung Putih terletak di desa Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon

Ada keyakinan dari masyarakat yang datang ke sana bahwa dengan berziarah dan berdoa di makam Syekh Magelung, maka dimudahkan hajatnya akan terkabul. Bahkan bagi beberapa kalangan, mereka meyakini bahwa karomah dari Syekh Magelung bisa meningkatkan derajat, dan dimudahkan dalam segala urusan. Karena itu tak jarang yang datang ke sana adalah orang-orang dari golongan pejabat. Selanjutnya bagi para pedagang, berdoa di makam ini konon adalah jaminan kesuksesan dalam usaha yang dijalankannya.

Oleh-oleh
Oleh-oleh yang bisa dibawa pulang usai ziarah di Cirebon di antaranya:  
Sirup Tjampolay, Terasi Udang Cirebon, Kue Gapit, Jambal Roti, Serabi, Kerupuk Rambak, Keripik, Batik Cirebon