Saling Komitmen untuk Menikah, Namun Pasangan Tiba-tiba Menghilang

 
Saling Komitmen untuk Menikah, Namun Pasangan Tiba-tiba Menghilang
Sumber Gambar: foto ist

Assalamu’alaikum wr wb.
Mbak Nur, dua tahun yang lalu saya menjalin hubungan dengan seorang cowok. Kami sepakat untuk tidak berpacaran, namun memiliki komitmen untuk menikah dua tahun kemudian. Saat ini mendekati dua tahun komitmen kami, namun akhir-akhir ini dia semakin menjauh dan semakin sulit dihubungi. Telepon dan chat saya tidak ditanggapi.

Saya bingung dengan situasi ini, apa yang harus saya lakukan ? Terima kasih atas tanggapannya.
Wassalamu’alaikum wr wb.
H di Batam.
 
Tanggapan :
Wa’alaikumsalam wr wb.
Hai H yang baik, mbak Nur bisa membayangkan betapa tidak enak dan bingungnya situasi hatimu saat ini. Seorang lelaki yang kita percaya akan menjadi pendamping kita yang  sebelumnya berkomunikasi dengan intens, saling merasa cocok, bahkan berkomitmen untuk menikah lalu tiba-tiba menghilang tanpa kabar.

Menurut mbak Nur, kamu harus segera mengambil tindakan tegas. Apabila jika situasi berlarut-larut dan kamu berada di hubungan yang tidak jelas tentunya akan menambah beban di pikiranmu. Beban pikiran yang tak berkesudahan bisa mempengaruhi kesehatan mentalmu ke depannya.

Baca juga: Orang Tua Mendesak Segera Menikah

Cobalah menghubungi dia melalui telepon atau chat di media sosial yang aktif digunakannya. Mintalah  waktu untuk bertemu  dan membicarakan arah hubungan  kalian apakah akan dilanjutkan atau disudahi. Kalian bisa sama-sama memberikan waktu  pada diri kalian sendiri dan berikan batasan waktu yang  tegas. Gunakan waktu tersebut untuk saling introspeksi diri dan sholat istiqarah untuk meminta petunjuk dari Allah.

Jika dia tidak memberikan tanggapan, kamu bisa mengirimkan chat yang berisi tentang penegasan hubungan kalian melalui WA, DM atau medsos lain yang dia gunakan. Kamu harus siap dengan apapun kemungkinan jawaban yang kamu terima. Insya Allah itu yang terbaik dari Allah. Kamu berhak bahagia dengan menentukan sendiri pilihan hidupmu, tidak salah jika kamu move on apabila tidak mendapatkan tanggapan.

Baca juga: Mental yang Kuat Kunci Meraih Sukses

Hal ini menandakan dia tidak serius dan mengingkari janjinya denganmu. Bersyukurlah Allah menunjukkan kepribadian asli si dia sebelum kalian melangkah pada tahapan pernikahan. Teruslah memperbaiki diri dan berdoa untuk diberikan jodoh yang terbaik untukmu. Semoga bisa membantu ya.


Wassalamu’alaikum wr wb.
Salam Hormat
Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun