Tips untuk Menjadi Lebih Produktif

 
Tips untuk Menjadi Lebih Produktif

Aassalamu’alaikum wr wb.
Salam kenal mbak Nur, saya S, usia 21 tahun. Saat ini saya masih kuliah semester akhir. Sehari-hari kalo ga ada kuliah, saya paling cuma rebahan dan main HP aja, rasanya malas mau melakukan sesuatu dan bingung mau ngapain. Saya mau tanya, gimana sih agar kita bisa menjadi produktif? Terima kasih sebelumnya.
Wassalamu’alaikum wr wb.
 S di Bekasi

Tanggapan :

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Hai S, dengan memberanikan diri berkonsultasi kamu sudah melakukan upaya memperbaiki kualitas dirimu. Masa pandemi sekarang ini memaksa orang untuk melakukan banyak aktivitas di rumah, mulai dari sekolah, kuliah, bekerja, beribadah dan aktivitas lainnya. Hal ini memungkinkan kita lebih sering “berinteraksi” dengan tempat tidur, sofa untuk rebahan sembari bermain HP dan ngemil.

Baca juga: Membangun Keberhargaan Diri dalam Lingkungan Keluarga yang Toxic

PPKM yang berkepanjangan dengan aktivitas yang minimal tentunya membuat kita terbiasa dan jika terlalu lama akan membentuk habbit (kebiasaan) yang tidak produktif. Nah mumpung saat ini,  berangsur – angsur  aktivitas sudah bisa dilakukan secara normal maka kita sebaiknya juga membiasakan diri dengan melakukan hal – hal yang produktif. Beberapa hal di bawah ini bisa kita lakukan dan perkuat agar kita bisa lebih produktif :

1. Miliki tujuan yang jelas
Tuliskan tujuan hidupmu dalam sebuah kertas dan tempelkan di salah satu tempat di kamar yang mudah terlihat olehmu. Hal ini akan menjadi rel yang menuntunmu agar fokus dan tidak keluar jalur. Kita tidak akan bisa produktif jika tidak memiliki tujuan yang jelas.

2. Susun rencana yang realistis
Susun rencana untuk mencapai tujuanmu, usahakan serealistis mungkin agar tidak mempersulit dirimu sendiri. Tentukan juga rencana atau tugas yang akan menjadi prioritas.

3. Jadwalkan kegiatanmu secara terstruktur
Rencana yang jelas dan realistis memudahkanmu untuk membuat jadwal harian. Catat dan jadikan panduan aktivitasmu sehari-hari.

4. Konsisten
Ada kalanya diri merasa lelah, namun itu bukan menjadi alasan untuk berhenti dan melupakan tujuan awal kita. Saat lelah, istirahat atau lakukan hal-hal yang bisa membuat kita bisa fresh dan bersiap untuk melanjutkan rencana.

5. Jangan buang waktu
Stop membuang waktu dengan hanya rebahan dan bermain game atau HP seharian. Apabila memiliki waktu luang, lebih baik lakukan evaluasi terhadap kegiatan atau rencana yang telah dilakukan. Jangan  menunda-nunda pekerjaan, tugas atau rencana yang akan dilakukan, karena itu akan membuat tugas menumpuk dan kita kesulitan untuk menyelesaikannya.

6. Sempatkan me time
Kegiatan harian yang dilakukan secara rutin dan dalam waktu yang lama bisa membuat kita menjadi bosan. Untuk mengatasinya, sempatkan untuk lakukan hal – hal yang menjadi hobi atau berlibur. Tidak harus yang mahal, wisata tipis-tipis, pergi hunting makanan yang enak, berolah  raga bersama teman – teman atau sekedar melakukan hobi bisa membuatmu kembali bersemangat untuk menjalani aktivitas kembali. Bisa mulai kapan melaksanakan tips – tips di atas ? Kamu bisa memulainya sekarang. Semoga bermanfaat ya. Salam semangat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Hormat kami,
Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun