Cerminan Kezuhudan KH. Abdullah Hadziq dalam Kehidupan Sehari-hari

 
Cerminan Kezuhudan KH. Abdullah Hadziq dalam Kehidupan Sehari-hari
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – KH. Abdullah Hadziq adalah putra pendiri Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang, Jepara, KH. Hasbullah. Setelah ayahandanya wafat, KH. Abdullah Hadziq meneruskan estafet kepemimpinan Pondok Pesantren Balekambang.

KH. Abdullah Hadziq terkenal sebagai ulama yang wira’i dan zuhud, hingga tersemat dalam diri KH. Abdullah sebagai sosok yang, “Gadah dunyo tapi atine ora kumantil marang dunyo” (punya banyak harta tapi hatinya tidak untuk harta).

Sifat zuhud inilah yang membuat beliau sangat dihormati oleh para santri dan masyarakat, kesederhanaan yang tampak pada diri beliau juga juga merupakan cerminan dari kezuhudan beliau.  

"Di kalangan masyarakat, Mbah Abdullah sering dikenal sebagai wali atau kiai. Namun beliau tidak mau dipanggil wali ataupun kiai. Beliau hanya ingin dipanggil mbah," ungkap Saad salah satu santri.

Kezuhudan beliau tidak hanya tercermin saat hidup, menjelang wafatnya pada 10 Ramadhan tahun 1985 M, beliau berpesan agar makamnya tidak dikijing. Beliau juga berpesan untuk mengkhatamkan Al-Qur’an saat haul. Sifat zuhud inilah yang dikemudian hari diteruskan oleh para santri serta muhibbinnya.

Tak heran jika KH. Abdullah Hadziq sering disebut Maulana Habib Luthfi bin Yahya sebagai waliyullah ‘alim allamah, seorang kekasih Allah yang tetap berpenampilan sederhana. Selalu bertopi leken, bercelana, pergi ke pasar, dan mengendarai dokar untuk menghidupi keluarga serta para santri-santrinya.

Selain terkenal akan kezuhudannya, KH. Abdullah Hadziq juga terkenal sebagai kiai yang “open” dan “telaten” kepada para santrinya. Kala ada waktu senggang, beliau selalu mengajak para santrinya untuk makan-makan. Tetap sederhana, namun sangat berkesan bagi para santri. Beliau paling gemar membuat santrinya bahagia, sosok guru yang sangat didambakan kehadirannya.

Sumber: M. Abdullah Badri (Wakil Sekretaris PC LTN NU Jepara)


Editor: Daniel Simatupang