Tips Memperlancar Rezeki dari KH Nurul Huda Jazuli Utsman

 
Tips Memperlancar Rezeki dari KH Nurul Huda Jazuli Utsman
Sumber Gambar: Ahsanjaya)Pexels (foto ilustrasi)

Laduni.ID, Jakarta - Tips Memperlancar rezeki dari KH Nurul Huda Jazuli Utsman,  seorang pengasuh Ponpes Ploso dalam sebuah kesempatan beliau mengajak alumni dan jama’ah untuk bekerja keras dan banyak berdoa kepada Allah SWT.

Kiai Huda kini bersama Gus Kautsar serta Masyayikh Pondok Ploso menjadi penyangga kekuatan pondok pesantren yang didirikan KH Djazuli Ustman Ploso (almaghfurlah), Kediri.     Dari pesantren ini, pernah lahir KH Chamim Djazuli (Gus Miek) yang terkenal karena gerakan ngaji Semaan Al-Quran. Kini para alumni santri pesantren legendaris di Kabupaten Kediri itu, tersebar di seantero Nusantara.

Adik kandung KH Zainuddin Djazuli (alm) ini menyampaikan pesan:

ان هذا المعهد معهدكم، وليس بمعهدنا ولكن هذا معهدكم، فعليكم بحفظه واحيائه وتعميره، وحفظ مشايخه كيفما كانوا، والا فمن يحفظ هذا المعهد؟!

"Sungguh pondok ini adalah pondok kalian, bukan pondok kami (saja), tapi juga pondok kalian. (Dalam arti) kalian ikut menjaganya, menghidupkan pondok, memakmurkan pondok, menjaga para kiainya, bagaimanapun keadaan kiai-kiai Ploso. Jika tidak, siapa lagi yang akan menjaganya?"

Di antara pesan Kiai Huda yang selalu diingatkan kepada para alumni adalah agar tidak berlebihan mengejar harta, tidak menjadi budak harta. Kiai Huda berpesan:

الدنيا كالظل لو لاحقتها تهرب منك و لو اعطيتها ظهرك تلاحقك

"Dunia itu seperti bayangan. Jika kau mengejarnya maka bayangan itu makin menjauh. Tapi jika kamu berjalan membelakangi bayangan (Zuhud) maka bayangan itu akan mengikutimu."

Tugas Nahdlatul Ulama itu enteng kata KH  Nurul Huda Jazuli, Yakni meramaikan masjid-masjid agar menjadi lebih ramai. "Soalnya sekarang untuk tidur di masjid saja sulitnya bukan main karena di rumah sudah ada TV, game. Karena itu anak tidak perlu banyak-banyak, satu saja cukup dan barokah, ” lanjut yai Huda.

KH Nurul Huda yang juga Anggota Mustasyar PBNU masa khidmah 2022-2027 menyampaikan pentingnya berdagang atau berbisnis untuk  memperoleh rezeki.

”Hidup jangan hanya berpangku  tangan saja, ubahlah tangan dengan berdagang apa saja, agar hidup lebih barokah karena 90 persen rezeki itu berada di dalam perdagangan. Dagang apa saja, “sembarang” daripada menganggur,” demikian pesan KH Nurul Huda Jazuli Utsman Ploso Kediri kepada Masyayikh dan Alumni Ploso Kediri.

Untuk memperlancar rezeki KH Nurul Huda juga berbagi tips, dengan rajin membaca QS Wa’qiah. "Baca terutama ba’da Shalat Ashar minimal 3 kali sehari. Kalau sudah gawat baca 14 kali. Alhamdulillah,sampai sekarang rezeki saya lancar,” kata KH Nurul Huda.  (Aji Setiawan)