Adab Membangunkan Anak

 
Adab Membangunkan Anak
Sumber Gambar: Ilustrasi/Halodoc

Laduni.ID, Jakarta – Bagi sebagian anak, bangun pagi adalah kegiatan yang sangat berat. Tidak semua anak menyukai bangun pagi, terlebih jika mereka harus bangun pagi untuk berangkat ke sekolah. Sementara itu, tantangan orang tua adalah membangunkan anak tanpa nada yang tinggi dan emosi yang memuncak.

Dalam membangunkan anak, orang tua harus bersikap lembut agar anak mau bangun. Dilansir dari akun Instagram @sahabatsurga (30/12/2021), ada beberapa cara membangunkan anak yang sedang tidur.

1. Ucapkan salam dan beri sapaan

Mula-mula orang tua bisa mengucapkan salam serta memberi sapaan kepada anak yang sedang tidur. Sapaan yang baik dan memuji anak dapat meningkatkan respon otak yang membuat anak lebih percaya diri.

2. Sentuh ibu jari kaki

Jika anak masih belum bangun, orang tua dilarang untuk berbuat kasar. Orang tua dapat menyentuh ibu jari kakinya lalu menggoyang-goyangnya secara perlahan. Bisa juga orang tua memanggil nama anak dengan lembut dan terus menggoyangkan badannya.

3. Memberi kata-kata semangat

Setelah anak bangun, usap kepalanya sambal bacakan doa bangun tidur. Tidak lupa juga untuk memberi kata-kata semangat untuk memulai hari, serta berucap lembut menyuruhnya mandi, shalat Subuh, dan bersekolah.

Anak yang dibangunkan dengan penuh kasih sayang akan berbeda dengan anak yang dibangunkan dengan cara yang kasar. Cara kasar akan merespon sesuatu yang berbeda, sehingga menyebabkan anak malas atau bahkan mebuatnya tak patuh kepada orang tua.

Semoga anak-anak kita menjadi pribadi yang shaleh, cerdas, berguna bagi sesama, agama, dan negara. Amin.


Editor: Daniel Simatupang