Ustaz Ma’ruf Khozin: Bencana Alam Apakah Musibah atau Ujian?

 
Ustaz Ma’ruf Khozin: Bencana Alam Apakah Musibah atau Ujian?
Sumber Gambar: KOMPAS.COM/Dok. PVMBG

Laduni.ID, Jakarta – Sebagian ulama ahli Tafsir berpendapat bahwa musibah ada yang diakibatkan ulah manusia, seperti dalam ayat:

وَمَآ اَصَابَكُمْ مِّنْ مُّصِيْبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ اَيْدِيْكُمْ وَيَعْفُوْا عَنْ كَثِيْرٍۗ

Artinya: "Dan musibah apa pun yang menimpa kamu adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan-kesalahanmu)." (QS. Asy-Syura: 30)

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ اَيْدِى النَّاسِ لِيُذِيْقَهُمْ بَعْضَ الَّذِيْ عَمِلُوْا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُوْنَ

Artinya: "Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)" (QS. Ar-Rum: 41)

Sementara ujian adalah pemberian dari Allah yang tidak ada campur tangan keterlibatan manusia. Seperti dijelaskan dalam ayat:

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ

Artinya: "Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar" (QS. Al-Baqarah: 155)

Letusan gunung, gempa, tsunami dan bencana alam lainnya adalah bentuk ujian dari Allah. Semoga saudara-saudara kita di kawasan Gunung Semeru diberikan perlindungan oleh Allah, kesehatan dan pahala.

Oleh: Ustaz Ma’ruf Khozin


Editor: Daniel Simatupang