Ziarah Makam KH. Abdul Muchit Muzadi, Pakar Khittah NU 1926

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah Makam KH. Abdul Muchit Muzadi, Pakar Khittah NU 1926
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – KH Abdul Muchit Muzadi lahir di Bangilan, Tuban pada 19 Jumadil Awal 1344 H atau 4 Desember 1925 M. Beliau masyhur dikenal sebagai ulama sepuh Nahdlatul Ulama, posisi beliau di NU sendiri adalah mantan Mustasyar PBNU dan dikenal juga sebagai pakar Khittah NU 1926.

KH Abdul Muchit Muzadi pernah nyantri kepada Hadratussyeikh KH Hasyim Asy’ari, pendiri Nahdlatul Ulama. Selain kepada Mbah Hasyim, KH Muchit Muzadi juga berguru kepada KH Ridwan Tuban, KH Nawawi, dan kepada KH Mahfudz Salam, ayahanda KH Sahal Mahfudz.

Besarnya rasa cinta KH Muchit Muzadi pada pendidikan membawa beliau bertemu kembali dengan sahabat lamanya, KH Ahmad Shiddiq Jember. Kala itu pada tahun 1952, KH Muchit mendirikan Sekolah Menengah Islam (SMI), lalu pada 1954 beliau juga mendirikan Madrasah Muallimin Nahdlatul Ulama.

Setelah menjadi pegawai di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (sekarang bernama UIN Sunan Kalijaga), pada 1963 beliau ditugaskan di IAIN Malang dan pada tahun itu pula beliau merintis SMP NU di Malang. Kemudian beliau kembali ditugaskan untuk menjadi Pembantu Dekan II di IAIN Sunan Ampel Jember, pada kesempatan inilah beliau bertemu dengan KH Ahmad Shiddiq yang saat itu menjadi pengasuh pondok pesantren.

Lokasi Makam

KH Abdul Muchit Muzadi wafat pada 6 September 2015, pukul 05.00 WIB pada usia 90 tahun. Beliau wafat di Rumah Sakit Persada, Kota Malang, Jawa Timur. Beliau dimakamkan di TPU Tegalboto, Jalan Kalimantan VIII/15, Desa Sumbersari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Sebelum wafat, KH Muchit Muzadi sempat meninggalkan tiga pesan, yakni ingin dimakamkan di Jember agar bisa berdampingan dengan sang istri, meminta keluarga untuk mengabari KH Sholahudin Wahid (Gus Sholah), dan terakhir mengharap kepada berharap Pak Hamid, Pak Munir, dan Pak Afandi untuk memakmurkan Masjid Sunan Kalijaga.

Masjid Sunan Kalijaga terletak di Jalan Kalimantan, Desa Sumbersari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Keterangan foto: Khofifah ziarah ke Makam KH Abdul Muchith Muzadi di Jember (Jawapos)


Editor: Daniel Simatupang