Biografi Imam Ahmad bin Umar Al Hinduan

 
Biografi Imam Ahmad bin Umar Al Hinduan
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Daftar Isi Biografi Imam Ahmad bin Umar Al Hinduan

1.         Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Wafat
1.3       Nasab Beliau

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Guru Beliau

3.         Teladan
3.1       Sosok yang Berhati Bersih

4.         Meraih Mukasyafah

5.         Gelar “Qiblat Ad DunYa”

6.         Referensi

Laduni.ID, Jakarta – Beliau adalah Sayyid Syarif Asy Syihabus Tsaqib, Al Alim Al Mutafanil As Syeikh Al Mutamakkin Ahmad bin Umar bin Agil Al Hinduan Ba’alawy.

1.         Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir

Beliau Imam Imam Ahmad bin Umar Al Hinduan sementara tahun kelahirannya tidak diketahui secara karena minimnya pencatatan pada saat itu.

1.2       Wafat

Beliau wafat di kota Tarim pada malam Jum’at tanggal 20 atau 19 Safar tahun 1122 H sewaktu beliau pergi ke desa Mistah untuk bersilaturahmi pada kerabatnya.

Kematian beliau memang mengejutkan tanpa sakit, bahkan masyarakat luas sangat terkejut dan berduka atas kematiannya karena beliau adalah sosok yang banyak member manfaat dan menyenangkan bagi kalangan khusus dan umum.

1.3       Nasab Beliau

Habib Ahmad Bin Umar Bin Ahmad Bin Aqil Bin Muhammad Bin Abdullah Bin Umar Al-Hinduan Bin Ahmad Bin Hasan Al-Waraa' Bin Ali Bin Muhammad Mauladdawillah Bin Ali Bin Alwi Al-Ghuyur Bin Muhammad Al-Faqih Al-Muqaddam Bin Ali Bin Muhammad Shohib Mirbath Bin Ali Kholi' Qosam Bin Alwi Bin Muhammad Shohib Shum'ah Bin Alwi Bin Ubaidillah Bin Ahmad Al-Muhajir Bin Isa Ar-Rumi Bin Muhammad A-Naqib Bin Ali Al'Uraidhi Bin Imam Ja'far Ash-Shodiq Bin Imam Muhammad Al-Baqir Bin Imam Ali Zainal Abidin Bin Imam Hussain Bin Imam Ali Bin Abi Tholib (Bin Assayyidah Fatimah Azzahro) Binti Ar-Rasul Al-A'dzhom Muhammad SAW.

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Guru Beliau

Beliau tumbuh baik dalam asuhan ayahnya Al-Habib Al-Faqih Umar Bin Ahmad Bin Aqil Al-Hinduan. Disamping itu beliau juga memperoleh asuhan dari paman-pamannya dari pihak ibunya, yang juga merupakan ulama pada masa itu seperti: Al-Habib Ahmad, Al-Habib Abu Bakar yang merupakan putera-putera dari Al-Habib Al-Faqih Husain Ba Faqih RA. Kemudian beliau juga memperoleh didikan dari beberapa ulama lain seperti: Al-Mu'allim Abdullah Ba Jam'an sebagai guru dalam bidang Al-Quran. Dan beliau juga belajar kepada Al-Habib Abdurrahman Bin Abdullah Ba Harun, Al-Faqih Muhammad Bin Ahmad Ba Jubair, Syeikh Abdullah Bin Abu Bakar Al-Khotib dan As-Syarif Sahl Bin Ahmad Ba Hasan.

Beliau belajar Al Qur’an pada Al Muallim Abdullah Ba Jam’an dan menyibukkan diri menuntut ilmu dan rajin beribadah, di antara guru guru beliau adalah Sayyid Al Wajih Abdurrahman bin Abdullah Ba Harun, Al Faqih Muhammad bin Ahmad Ba Jubair, Al Faqih Abu Bakar bin Husain Ba Faqih, Al Allamah Sahal bin Ahmad Bahsin dan ulama lainnya.

3.         Teladan
3.1       Sosok yang Berhati Bersih

Beliau adalah sosok yang berhati bersih, lemah lembut, rendah hati terutama kepada ulama dan orang orang saleh, pribadi yang zuhud terhadap materi duniawi bahkan tidak pernah Nampak padanya rasa keinginan terhadap materi sedikitpun, apalagi membanggakan urusan duniawi, terkadang kami ingin seperti beliau dan kami mengakui keunggulan beliau dalam hal ini.

4.         Meraih Mukasyafah

Al-Habib Ahmad Bin Umar Al-Hinduan meraih mukasyafah pada usia 18 tahun. Yakni mampu menyaksikan perihal kejiwaan seseorang, apakah orang tersebut dalam keadaan suci ataukah berhadas. Kemudian beliau berdoa kepada Allah agar mukasyafah tersebut ditutup, dikeranakan beliau tidak mahu menatap hal-hal yang bersifat demikian.

5.         Gelar “Qiblat Ad DunYa”

Beliau juga memperoleh gelar "Qiblat Ad-DunYa" yang bererti kiblat dunia. Hal ini merupakan gelar penghormatan atas kepakaran beliau dalam dunia hukum islam (Fiqh), sehingga tidak tertandingi pada zamannya. Dan bukti keberhasilan beliau adalah mencetak kader, dimana muridnya yakni, Al-Habib Abdurrahman Bin Abdullah Ba Faqih yang meraih gelar "Alamat Ad-Dun Ya" yang bererti tanda dunia, yakni beliau mampu mengetahui dari bekas telapak kaki musafir dari mana dia berasal dan siapa gurunya, dan apakah guru si musafir itu masih hidup ataukah sudah meninggal. Bahkah beliau dapat membaca letak Ka'abah dari hembusan angin. Jika Al-Habib Abdurrahman Ba Faqih sedemikian luar biasa, maka bagaimana lagi dengan Al-Habib Ahmad Bin Umar Al-Hinduan yang selaku gurunya?!

Al-Habib Ahmad Bin Umar Al-Hinduan juga memiliki kekeramatan, dimana setiap beliau melaksanakan Sholat,maka terasa olehnya kenikmatan yang tak terhingga bahkan melampau segala kelejatan badani.

6.         Referensi

Riwayat Hidup Para Wali dan Shalihin (Penerbit: Cahaya Ilmu Publisher).

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya