Ziarah Makam KH. Ridwan Abdullah “Sang Pencipta Lambang NU”

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah Makam KH. Ridwan Abdullah “Sang Pencipta Lambang NU”
Sumber Gambar: NU Online

Laduni.ID, Jakarta – Nahdlatul Ulama merupakan sebuah organisasi Islam yang didirikan oleh ulama dzuriyyah Nabi SAW, salah satu ulama yang memiliki peran dalam berdirinya NU adalah KH Ridwan Abdullah, sang pencipta lambang NU.

KH Ridwan Abdullah sendiri lahir di Bubutan, Surabaya pada 1 Januari 1884. Beliau menuntut ilmu di beberapa pesantren besar di pulau Jawa, hingga akhirnya memutuskan pergi ke tanah suci pada tahun 1901. Beliau juga aktif mengajar, jauh sebelum NU lahir, KH Wahab Hasbullah mendirikan Nahdlatul Wathan sebagai roda penggerak Pendidikan. Bersama KH. Wahab, KH. Alwi dan KH. Mas Mansur, Kiai Ridwan aktif mengajar di madrasah.

Peran Kiai Ridwan di NU salah satunya ialah menciptakan lambang NU, dan memperkenalkannya pada Muktamar ke-2 NU di Surabaya pada 9 Oktober 1927.

Dalam sebuah majelis khusus di arena Muktamar, Kiai Ridwan memaparkan filosofi dan arti lambang tersebut. Kiai Ridwan mengatakan, sebelum menggambar lambang tersebut, beliau terlebih dahulu melakukan shalat istikharah. Allah lalu memberikan jawaban dalam mimpi Kiai Ridwan, dalam mimpinya beliau melihat sebuah gambar di langit yang biru jernih, bentuknya persis dengan gambar lambang NU yang kita lihat sekarang.

Kiai Ridwan Abdullah wafat pada tahun 16 Februari 1962 di usianya ke 78 tahun. Beliau lalu dimakamkan di Pemakaman Tembok Surabaya, Jl. Tembok Dukuh X, Tembok Dukuh, Kec. Bubutan, Kota SBY, Jawa Timur. Terlihat papan bertuliskan “Di Sini Makam KH Ridlwan Abdulloh Pencipta Lambang NU” tepat di makam beliau.

Sumber foto: Twitter @robikinemhas, jatimnet.com, Facebook


Editor: Daniel Simatupang