5 Manfaat Kopi Menurut Syekh Ihsan Jampes

 
5 Manfaat Kopi Menurut Syekh Ihsan Jampes
Sumber Gambar: Taman Delta Indonesia

Laduni.ID, Jakarta – Kopi adalah minuman yang paling digemari di Nusantara, semua golongan tak pernah absen untuk menikmatinya. Kopi juga identik dengan santri dan ulama, sebab kopi mengandung beberapa zat yang mampu menghilangkan rasa kantuk, hal itu berguna untuk kiai dan santri dalam menjalankan ibadah malam dan bermunajat kepada Allah SWT.

Syekh Nawawi Al-Bantani, sering mengatakan kepada para santrinya untuk meminum kopi,

عليك بشرب القهوة فإنها تمنع النعاس وتورث الذكاء

“Minumlah kopi, olehnya akan tercegah rasa kantuk, dan dapat mencerdaskan pikiran.”

Al-Habib Abubakar bin Abdullah al-Atthas juga pernah berkata, “Sesungguhnya tempat yang ditinggalkan dalam keadaan sepi atau kosong maka jin akan menempatinya. Sedangkan tempat yang biasa digunakan untuk membuat hidangan kopi maka para jin takkan bisa menempati dan mendekatinya.” (Lihat dalam kitab Tadzir an-Nas halaman 177 dan at-Tadzkir al-Mushthafa li Aulad al-Musthafa wa Ghairahum min Man Ijtbahu Allahu Washthafa karya al-Habib Abubakar Atthas bin Abdullah bin Alwi bin Zain al-Habsyi halaman 117)

Lebih jelas lagi, Syekh Ihsan Jampes mengatakan,

عليك بأكل البُنِّ فى كلّ ساعة ففى البنِّ للأكل خمس فوائد نشاط و تهضيم و تخليل بلغَم تطَيُّب اَنْفاس و عون لقاصد

“Bagimu hendaklah relaksasi kopi secara rutin, karena pada kopi terdapat lima manfaat, yakni rajin dalam aktifitas, memperlancar pencernakan, menghilangkan dahak, memperbaiki pernafasan, dan membantu mewujudkan tujuan.”

Tentu saja harus dibarengi dengan ikhtiar lahir dan ikhtiar batin, sebab Allah tidak akan mewujudkan impian seseorang yang tidak melakukan ikhtiar walaupun dia minum kopi tiga kali sehari.

Dalam Tarikh Ibnu Toyyib dijelaskan,

يا قهوة تذهب هم الفتى # انت لحاوى العلم نعم المراد

شراب اهل الله فيه الشفا # لطالب الحكمة بين العباد

حرمها الله على جاهل # يقول بحرمتها بالعناد

“Kopi adalah penghilang kesusahan pemuda, senikmat-nikmatnya keinginan bagi engkau yang sedang mencari ilmu. Kopi adalah minuman orang yang dekat pada Allah, di dalamnya ada kesembuhan bagi pencari hikmah diantara manusia. Kopi diharamkan bagi orang bodoh yang mengatakan keharamannya dengan keras kepala.”

Imam Ibnu Hajar Al-Haitami pernah berkata,

ثم اعلم ايها القلب المكروب أن هذه القهوه قد جعلها اهل الصفاء مجلبة للأسرار مذهبة للأكدار وقد اختلف في حلها اولا وحاصل ما رجحه ابن حجر في شرح العباب بعد ان ذكر أنها حدثت في اول قرن العاشر. ان للوسائل حكم المقاصد ،فمهما طبخت للخير كانت منه وبالعكس فافهم الأصل

“Lalu ketahuilah duhai hati yang gelisah bahwa kopi ini telah dijadikan oleh Ahli shofwah (orang-orang yang bersih hatinya) sebagai pengundang akan datangnya cahaya dan rahasia Tuhan, penghapus kesusahan.”

اللهم انزع الشيطان من بيوتنا. واطرد القلق من نفوسنا. واملأها بالرضا والأمان  وابعد عنها الهموم والأحزان.

أَلْفُ أَلْفِ صَلَاةٍ، وَأَلْفُ أَلْفِ سَلَامٍ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ.

 

Oleh karena itu, janganlah ragu untuk meminum kopi, sebab kopi juga merupakan minuman kegemaran para ahli ilmu, ahli ibadah, dan orang shaleh.


Editor: Daniel Simatupang