Raih Sukses Dengan Keterampilan Berkordinasi Dengan Orang Lain

 
Raih Sukses Dengan Keterampilan Berkordinasi Dengan Orang Lain
Sumber Gambar: Tangkapan Layar Zoom

Laduni.ID, Jakarta – Yayasan Dakwah Islam Ahlussunnah Wal Jamaah (DIA) dan Laduni.ID, kembali menggelar webinar Readiness of Young Generation for Industry 4.0 (Kesiapan Generasi Muda menyongsong Industri 4.0) sesi kelima melalui virtual Zoom dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Laduni id, Minggu 19 September 2021.

“Kita bisa sukses dengan keterampilan orang lain, merupakan keterampilan yang akan kita gunakan setiap harinya apapun posisi kita, apaun jenis pekerjaan kita itu membutuhkan koordinasi. Dengan meningkatkan koordinasi tersebut dapat membedakan kita dengan orang lain, jadi bisa membuat kita dapat lebih dilihat dan akan membuat kita lebih bisa dipromosikan untuk kenaikan jabatan atau bahkan kenaikan gaji”, kata Nur Chasanah, S.Psi (Pengampu Rubrik Konsultasi Siap Nikah Umur 25 tahun Laduni.id).

Ia juga menerangkan, bahwa dunia kerja saat ini terdapat berbagai macam bidang pekerjaan dan perkembangan teknologi di era 4.0, sehingga membuat jenis jenis pekerjaan semakin banyak maka kemampuan kita secara teknis harus mampu berkembang.

Untuk dapat menunjang berbagai macam perkembangan teknologi di era 4.0 maka diperlukan soft skill dan hard skill. “Soft skill adalah didapat dari pelatihan, membaca buku, atau menimba pengalaman dari orang lain karena soft skill ini menuju kepribadian atau atribut personal untuk memudahkan kita berinteraksi dan beradaptasi dengan orang lain. Sedangkan hard skill adalah kemampuan yang bisa diukur, diuji, dan bisa dievaluasi”, imbuh Nur Chasanah.

Mengutip dari liCIMS Hiring Insights (2017) menemukan bahwa “94 persen dari perekrut profesional percaya bahwa seorang karyawan dengan soft skill yang lebih kuat memiliki kesempatan yang lebih baik untuk dipromosikan ke posisi kepemimpinan daripada seorang karyawan dengan pengalaman bertahun-tahun tetapi soft skill-nya lemah”.

Baca Juga: Iran Sukses Upgrade Pesawat Tempurnya

Kemudian ia juga menyebutkan bahwa terdapat tiga komponen kunci untuk berkoordinasi dengan orang lain yaitu.

Pertama, kemampuan berorganisasi seorang koordinator yang efektif  dapat menyimpan, melacak, dan mengambil informasi penting saat dibutuhkan. Membuat keputusan berdasarkan data secara tepat waktu.

Kedua, kemampuan berkomunikasi kemampuan untuk berkomunikasi dengan cara yang tepat dan jelas, sehingga semua orang yang terlibat akan mengerti

Ketiga, keterampilan Memahami Orang  Mampu membangun kepercayaan dan hubungan yang kuat. Memahami perbedaan kepribadian, gaya kerja dan preferensi orang.

Baca Juga: MTs Nurul Ulum Desa Pancaroba Sukses Adakan MOS

Sebagai informasi, bahwa webinar Readiness of Young Generation for Industry 4.0 (Kesiapan Generasi Muda menyongsong Industri 4.0) akan diadakan dalam sepuluh sesi.

Dalam kegiatan kali ini turut hadir pengawas Yayasan DIA Didik Harijanto dan tiga narasumber yakni Anwar Sanusi, Ph.D (Setjen Kemnaker RI), Dr. M. Fakhrurrozi, M.Psi, Psi (Pengampu Rubrik Psikologi Laduni.id/ Wadek III Fak. Psikologi Universitas Gunadarma), Nur Chasanah, S.Psi (Pengampu Rubrik Konsultasi Siap Nikah Umur 25 tahun Laduni.id).


Editor: Nasirudin Latif