Rekomendasi Kitab Ilmu Kalam dari Kalangan Mazhab Asy’ariyah

 
Rekomendasi Kitab Ilmu Kalam dari Kalangan Mazhab Asy’ariyah
Sumber Gambar: Ilustrasi/FB Firmansyah Djibran El'Syirazi

Laduni.ID, Jakarta – Ilmu kalam (bahasa Arab: علم الكلام‎) adalah disiplin filsafat mencari prinsip-prinsip teologi Islam melalui dialektika. Dalam bahasa Arab perkataan ini secara harfiah bermakna "kata-kata". Seorang cendekiawan kalam digelari sebagai seorang mutakalim (ahli teologi Islam). Terdapat banyak tafsiran mengapa disiplin ini digelar "kalam", salah satu alasannya adalah kontroversi terbesar dalam bidang ini berkaitan dengan Firman Allah, sebagaimana dinyatakan dalam Al-Qur'an, bisa dianggap sebagai bagian dari esensi Tuhan dan karena itu tidak diciptakan, atau apakah itu dibuat menjadi kata-kata dalam arti normal berbicara, dan karena itu dibuat.

Asy'ariyah adalah mazhab teologi yang disandarkan kepada Imam Abul Hasan al-Asy'ari (w. 323). Asy'ariyah mengambil dasar keyakinannya dari Kullabiyah, yaitu pemikiran dari Abu Muhammad bin Kullab dalam meyakini sifat-sifat Allah. Kemudian mengedepankan akal (rasional) di atas tekstual ayat (nash) dalam memahami Al-Qur'an dan hadis. Abul Hasan al-Asy'ari dalam masalah keyakinan terhadap sifat Allah mengikuti pendapat Ibnu Kullab, seorang tokoh ahlul kalam (filsafat) dari Bashrah di zamannya.

Ulama Asy'ariyah selanjutnya seperti Imam al-Haramian Al-Juwaini dan selainnya melakukan takwil terhadap sifat Allah dan menggunakan prinsip pokok (ushul) akidah Muktazilah ke dalam mazhabnya. Metode Takwil disebutkan oleh Ibnu Faurak dalam kitab Takwil, Muhammad bin Umar ar-Razi dalam kitabnya Ta’sisut Taqdis, juga ada pada Abul Wafa Ibnu Aqil dan Abu Hamid al-Ghazali, takwil-takwil tersebut bersumber dari Bisyr al-Marisi, seorang tokoh Mu’tazilah.

Asy'ariyah awalnya hanya menetapkan tujuh sifat ma’ani saja bagi Allah yang ditetapkan menurut akal (aqliyah) yaitu hayah, ilmu, qudrah, iradah, sam’u, bashir, dan kalam. Kemudian ditambahkan oleh As-Sanusi menjadi dua puluh sifat, dan tidak menetapkan satu pun sifat fi’liyah (seperti istiwa, nuzul, cinta, ridha, marah, dst).

Asy’ariyah berkembang pesat mulai abad ke-11 M. Bersama menyebarnya Tasawuf (sufi), pemahaman ini juga mendapat dukungan oleh para penguasa di beberapa pemerintahan Islam. Asy’ariyah dijadikan mazhab resmi oleh Dinasti Gaznawi di India pada abad 11-12 M yang menyebabkan pemahaman ini dapat menyebar dari India, Pakistan, Afghanistan, hingga ke Indonesia.

Dinasti Seljuk pada abad 11-14 M. Khalifah Aip Arsalan beserta Perdana menterinya, Nizam al-Mulk sangat mendukung aliran Asy’ariyah. Sehingga pada masa itu, penyebaran paham Asy’ariyah mengalami kemajuan yang sangat pesat utamanya melalui lembaga pendidikan bernama Madrasah Nizamiyah yang didirikan oleh Nizam al-Mulk.

Rekomendasi Kitab Kitab dari Kalangan Ulama Asy’ariyah:

A. Dhia ul-Din 'Abd al-Malik ibn Yusuf al-Juwayni al-Shafi'i atau Imam Haramain (w. 478) adalah seorang ahli hukum dan teolog mutakallim Sunni Syafi'i-Persia. Namanya biasa disingkat Al-Juwayni; ia juga sering disebut sebagai Imam al Haramayn, yang berarti "penguasa dua kota suci", yaitu Mekah dan Madinah.

Kitab pertama adalah (download),

كتاب لمع الادلة في قوائد الاهل السنة

Kitab kedua (download),

کتاب الارشاد علی قواطع الادله فی اصول الاعتقاد‎

Buku panduan sebagai bukti konklusif untuk prinsip-prinsip kepercayaan dapat membantu mengilustrasilan doktrinnya. Hal ini dimaksudkan untuk menguraikan dengan tepat apa yang telah dibuktikan, apa yang dapat diitsbatkan dan bagaimana hal-hal tersebut dapat diitsbatkan.

Dia memusatkan banyak perhatiannya pada ke-Tuhan-an dan prinsip dasar Islam bahwa Tuhan adalah satu-satunya dan pencipta yang maha kuasa. Dia menjelaskan bahwa kita sering terjebak dalam keberadaan yang bergantung ketidakpastian, hilang dalam kontinuitas tetapi kita harus menyadari kemampuan Tuhan untuk mengganggu kontinuitas ini setiap saat. Al-Juwayni memusatkan perhatian yang sama pada metodologi hukum dan secara khusus memperhatikan metode untuk mempertajam perdebatan yang begitu sukar.

B. Abu Bakr Muḥammad ibn at-Tayyib al-Baqillani (w. 403) dikenal sebagai al-Baqillan dengan hormat sebagai Imam al-Baqillan oleh penganut akidah Asy'ari, adalah seorang teolog, ahli hukum, dan ahli logika Islam Sunni terkenal yang menghabiskan banyak hidupnya membela dan memperkuat mazhab Asy'ari dalam Islam.

Seorang penata retorika dan orator yang ulung, al-Baqillani dijunjung tinggi oleh orang-orang sezamannya karena keahliannya dalam memperdebatkan isu-isu teologis dan yurisprudensi. Al-Baqillani sering diberi julukan kehormatan Syaikh as-Sunnah, Lisan al-Ummah, Imad ad-Din, Nasir al-Islam, dan Saif as-Sunnah oleh Asy’ariyyah (Pengikut Asy’ari).

Kitab (download),

الإنصاف فيما يجب اعتقاده

Adalah sebuah buku teologi Islam, yang ditulis oleh ulama Abu Bakr al-Baqillani (w. 403), sebagai sanggahan metodis terhadap Mu'tazilah dan Antropomorfis (al-Mushabbiha).

Ia menghabiskan sebagian besar hidupnya di Baghdad, dan belajar teologi di bawah dua murid al-Asy'ari, Ibnu Mujahid al-Ta'i dan Abul Hasan al-Bahili. Dia juga belajar fikih di bawah ulama Maliki, Abu Abdullah al-Shirazi dan Ibn Abi Zayd al-Qayrawani. Setelah memperoleh keahlian dalam teologi Islam dan yurisprudensi Maliki, ia menguraikan ajaran Madrasah Asy'ari, dan mengajar yurisprudensi Maliki di Baghdad.

Dia memegang jabatan panglima Qadi di Bagdad dan di 'Ukbara, sebuah kota yang tidak jauh dari ibu kota. Al-Baqillan menjadi dosen populer, dan ikut serta dalam debat dengan ulama terkenal saat itu. Karena kecerdasan logisnya dan jawaban yang cepat dan tanpa keraguan, khalifah Adud al-Dawla mengirimnya sebagai utusan ke istana Bizantium di Konstantinopel dan dia berdebat dengan para sarjana Kristen di hadapan raja mereka pada tahun 371/981.

C. Adud al-Din al-Iji (w. 756)

Adalah seorang teolog dan ahli hukum Muslim dari periode Il-Khanid. Dia berasal dari keluarga terkenal yang terkenal dan hakim yang tinggal di kota Shābankari. Aḍud al-din al-iji Mawaqif Fi Ilm al-Kalam dan komentarnya adalah teks kalam madrasah yang paling banyak dipelajari, mawaqif mencontohkannya pada tingkatan yang lebih dalam, yaitu menegaskan kembali komitmen untuk prinsip-prinsip klasik kalam Asy’ari dan konteks posisi falsafa yang terpusat, meskipun menggunakan istilah dan konsep terminologi filsafat. Bab ini membahas aspek Mawaqif ini melalui diskusinya tentang pertanyaan-pertanyaan kunci dalam sejarah intelektual Islam.

Kitab (download),

كتاب مواقف في علم الكلام

Karya yang paling penting di antara mereka adalah Kitab al-mawaqif, salah satu ringkasan kitab teologi setelah Fakhr al-Dīn al-Rāz, yang menjelaskan doktrin tradisional Asy’ari dalam istilah filosofis (filsafat wujud) yang dipinjam oleh Ibn Sina atau (Avicenna). Ini terdiri enam kitab, di mana hanya dua yang terakhir membahas secara ketat masalah teologis, yang dibagi lagi menjadi hal-hal yang tergantung pada akal (esensi Tuhan dan sifat-sifatnya) dan pada wahyu (eskatologi, kepercayaan dan dosa, dan sebagainya). Empat kitab pertama dengan kerangka konseptual umum wacana teologis: epistemologi, prinsip-prinsip filosofis (seperti keharusan, kemungkinan, keabadian, dan kontingensi), kecelakaan, dan substansi.

Oleh: Gus Firmansyah Djibran El'Syirazi B.Ed, LC


Editor: Daniel Simatupang