Lakukan 6 Hal ini Jika Kalian Sedang Isoman

 
Lakukan 6 Hal ini Jika Kalian Sedang Isoman
Sumber Gambar: Tribun Jabar/Gani Kurniawan

Laduni.ID, Jakarta – Isolasi mandiri (isoman) adalah solusi agar rumah sakit yang menangani pasien covid tidak terjadi over kapasitas, namun itu hanya berlaku bagi pasien tanpa gejala dan bergejala ringan.

Sayangnya karena kurangnya pengetahuan, banyak pasien yang tak tertangani dengan baik dan akhirnya meninggal ketika isoman.

Dilansir dari akun Instagram @pandemictalks, dr. Decsa Medika H membuat buku saku isoman yang akan membantu memantau kondisi tubuh dan perburukan gejala. Berikut yang perlu kalian ketahui ketika sedang isolasi mandiri:

Cek Nadi

Raba nadi yang ada di pergelangan tangan dengan menggunakan tiga jari, hal ini dilakukan agar kita mengetahui lebih tepat. Setelah itu hitung denyut nadi selama satu menit (60 detik). Jangan hitung denyut nadi lebih dari satu menit, karena normalnya dalam satu menit nadi akan berdenyut sebanyak 60-100x/menit serta ritme nadi normal teratur. Jika denyut nadi anda lebih dari 100 dan ritmenya tidak teratur berarti ada masalah pada tubuh anda.

Cek Tensi

Jika ada, gunakan tensi digital dan lakukan pengukuran tekanan darah. Pasang manset tensi di atas siku, setelah itu duduk tenang sejenak selama lima menit. Selanjutnya mulailah pengukuran tekanan darah. Normalnya tensi berkisar antara 110-130/60-80 mmHg. Catat jika tensi anda terlalu rendah atau terlalu tinggi guna dikonsultasikan ke dokter.

Cek Suhu

Gunakan termometer yang mudah anda pakai. Cek suhu anda 3x dalam sehari (pagi-siang-malam), normalnya suhu berkisar antara 36,5-37,5 C. Catat jika suhu anda lebih tinggi dari angka normal.

Cek Nafas

Nafaslah seperti biasanya, tidak perlu dibuat0buat dan ditahan lalu hitunglah selama satu menit berapa kali anda bernafas. Jika anda kesulitan, anda isa meminta pertolongan kepada keluarga untuk melihat dan menghitung nafas anda dalam satu menit. Normalnya anda akan bernafas sebanyak 12-20x/menit, jika frekuensinya lebih banyak atau sedikit kosultasikan ke dokter.

Cek Saturasi Oksigen

Sebaiknya sediakan alat pulse oximeter ketika anda isoman, harganya relatif terjangkau dan sangat bermanfaat. Gunakan alat pulse oximeter seperti biasanya dan hitung berapa saturasi oksigen anda. Normalnya berkisar antara 95-99 persen, hubungi dokter jika saturasi anda di bawah 95 persen.

Catat Keluhan Selama Isoman

Kali ini anda dituntut untuk lebih peka terhadap kondisi anda. Usahakan setiap pagi catat keluhan yang anda alami, apakah intensitasnya menetap atau berkurang. Catat juga nilai yang tertera pada alat, tulis sejelas dan sedetail mungkin, seperti jam dan tanggal, agar memudahkan dokter dalam memantau perkembangan and ajika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Lakukan pencatatan kondisi anda setiap pagi, sehingga jika terjadi kondisi yang memberatkan anda dan mengharuskan anda segera ke dokter, dokter akan segera mngenali dan mengidentifikasi masalah anda melalui catatan.

Dengan mengecek kondisi kesehatan secara mandiri anda dapat mengenali dan mencegah hal buruk terjadi. Jangan lupa untuk selalu konsultasikan ke dokter jika ada masalah yang anda rasakan.


Editor: Daniel Simatupang