Al-Iqdu Ats-Tsamin: Kitab Fiqh Karya Syaikh Nawawi Banten yang Jarang Beredar

 
Al-Iqdu Ats-Tsamin: Kitab Fiqh Karya Syaikh Nawawi Banten yang Jarang Beredar
Sumber Gambar: foto (ist)

Laduni.ID Jakarta - Syaikh Nawawi bin Umar Al-Jawi Al-Bantani (w. 1314H) adalah salah satu ulama nusantara yang mendunia. Terbukti beliau dijuluki 'Sayyid Ulama' al-Hijaz'. Tercatat dalam Tsabat Al-Indunisi karya Gus Nanal Ainal Fauz, Syaikh Nawawi memiliki lebih dari 80 karya kitab. Kalau dilihat rata-rata karya dari al-Bantani ini berupa komentar (Syarah)  atas kitab lain.

Di antara sekian banyak kitab yang ditulis oleh Al-Bantani, kitab 'Iqd at-Tsamin. Yaitu Syarah atas kitab "Fath al-Mubin" yang berbentuk prosa (Mandzumah), menjelaskan tentang 60 masalah keagamaan. Bilangan 6o ini menurut al-Bantani adalah untuk menunjukkan banyaknya pembahasan di dalamnya. Mandzumah tersebut ditulis oleh Syaikh Mustofa bin Utsman Al-Jawi Al-Qoruti (Garut). Menurut analisisnya ust. Ginanjar Sya'ban beliau termasuk sahabat Al-Bantani. Waallahu a'lam.

Baca juga: Kitab Terbitan Pertama Ditulis Hadratussyekh KH. Hasyim Asy'ari tahun 1940

Mandzumah ini di dalamnya menjelaskan 1) pokok dasar Iman, 2)Rukun Islam yang berjumlah 5,  atau - lebih familiarnya- Ubudiyah; Thoharoh, Shalat, Zakat, Puasa dan Haji. Terdapat di dalamnya 129 bait. Titik mangsa selesainya penulisan Mandzumah pada tahun 1300 Hijriyyah.

Hal menarik yang terdapat dalam syarah ini adalah penjelasan Al-Bantani mengenai hukum Bedug dan Kentongan untuk memberitahu akan datangnya waktu shalat. Di dalam hal 70 dijelaskan, bahwa hukum memakai bedug untuk hal itu (

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN