Biografi Ishaq bin Rohaweh

 
Biografi Ishaq bin Rohaweh
Sumber Gambar: Ilustrasi (foto istimewa)

Laduni.ID Jakarta – Nama lengkap Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad bin Ibrahim bin Mathar Abu Ya’qub al-Hamdhaly al-Marwazy yang terkenal dengan nama Ishaq bin Rohaweh (Ibnu Rohaweh).

Contents

Riwayat Hidup

Baca Juga :   Biograf Imam Syafi'i

Lahir

Namanya adalah Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad bin Ibrahim bin Mathar Abu Ya’qub al-Hamdhaly al-Marwazy yang terkenal dengan nama Ishaq Ibnu Rahawaih (Ibnu Rahawaih). Beliau dilahirkan pada tahun 161 H, dan pendapat lain mengatakan beliau lahir pada tahun 166 H. Beliau dijuluki (laqab) Ibn Rahawaih, konon karena bapaknya lahir d jalana kota Mekkah (fi thariqi makkah) kemudian penduduk kota Marwa mengatakan : “Rahawaih” yang berarti dilahirkan di jalanan.

Karenanya kemudian beliau dijuluki Ibnu Rawaeh (Anak Orang yang Dilahirkan di Jalanan). Beliau juga termasuk murid langsung Imam Syafi’i. Dan setelah dewasa beliau dikenal sebagai salah satu tokoh besar dalam dunia islam, pakar fiqih dari kalangan Madzhab Syafi’i dan ahli hadits yang sangat sulit dicari tandingannya. Belau menetap di Naisabur dan menjadi tokoh atau orang ternama disana.

Wafat

Wafat pada tahun 238 H di kota Naisabur di usia 77 tahun. Pada tahun itu penduduk kota Naisabur berduka karena kehilangan seorang tokoh yang sangat dihormati dan terkenal ‘alim serta wira’i.

Baca Juga :   Biografi Abu Hanifah

Pendidikan dan Sanad Keilmuan

Beliau juga termasuk murid langsung Imam Syafi’i. Beliau melakukan perjalanan ke Iraq, Hijaz, Yaman dan Syam untuk mencari hadits. Beliau meriwayatkan hadits dari pada Jabir bin Abdul Hamid ar-Razy, Ismail bin Umaiyah, Sufyan bin Uyainah, Waki’ bin Jarrah, Waqiyah bin al Walid, Abdurahman bin Humam, An-Nadhar bin Syumail dan yang lainnya. Diantara guru gurunya yang mengeluarkan hadits dari padanya adalah:

  1. Imam Syafi'i
  2. Yahyah bin Adam dan Waqiyah bin Walid
  3. Ahmad bin Hanbal
  4. Jabir bin Abdul Hamid ar-Razy
  5.  Ismail bin Umaiyah
  6. Sufyan bin Uyainah
  7.  Waki’ bin Jarrah
  8.  Waqiyah bin al Walid
  9.  Abdurahman bin Humam
  10.  An-Nadhar bin Syumail
  11. Ismail bin Umaiyah
  12. Yahyah bin Adam 

Penerus

Dan setelah dewasa beliau dikenal sebagai salah satu tokoh besar dalam dunia islam, pakar fiqih dari kalangan Madzhab Syafi’i dan ahli hadits yang sangat sulit dicari tandingannya. Belau menetap di Naisabur dan menjadi tokoh atau orang ternama disana. Beliau seorang Imam dan ‘Ulama yang sangat terkenal dan ia mempunyai kedudukan yang tinggi dalam bidang hadits dan dalam bidang fiqh. Banyak sekali pakar-pakar hadits yang datang kemudian meriwayatkan hadits dari jalur periwayatnya. Di antaranya adalah:

  1. Imam Abu Ibrahim Ismail bin Yahya Al Muzani
  2. Abu Daud
  3. Al Hafidh Ad Darimi
  4. Ibnu Abid Dunya
  5. Abu Abdillah Al Marwazi
  6. Imam Abu Ja'far At-Tirmidzi
  7. Imam an-Nasa’i
  8. Junaid Al Baghdadi
  9. Imam Al-Bukhari  
  10. Imam Muslim
  11. Imam at-Tirmidzi
  12. Imam Ahmad bin Hanbal
  13. Muhammad bin Nashr al-Mawarzi 
  14. Ahmad bin Sayyar
  15. Rabi' bin Sulaiman

Teladan

Abu Daud berkata, “Ibnu Rohaweh mendikte untuk kami 11.000 hadits dari hafalannya, kemudian diulangi lagi dikte itu persis sama yang telah didiktekan sebelumnya, tanpa bertambah satu huruf dan berkurang satu huruf.” Abu Hatim ar-Razi berkata, “Sungguh mengherankan kekuatan hafalan Ishaq bin Rohaweh, dan hapalannya terjaga dari kesalahan kesalahan.”

Baca Juga :    Biografi Imam Bukhari

Karya

Banyak karya yang dihasilkan dari tangannya, salah satunya adalah kitab al-Musnad.


Sumber: Grafis Sanad Keilmuan Nahdlatul Ulama

Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah guru Ishaq bin Rohaweh dapat dilihat DI SINIdan chart silsilah sanad murid beliau dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 30 April 2021, dan terakhir diedit tanggal 07 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya