Mujaddid Dalam Organisasi

 
Mujaddid Dalam Organisasi
Sumber Gambar: Ma'had Aly Situbondo/ Dok. Laduni.ID

LADUNI.ID, Jakarta - Sebagai pembuka dari kuliah umum di Ma'had Aly Salafiyah Syafi'iyah Situbondo ini saya menyampaikan dawuh Rais Am PBNU KH. Miftahul Akhyar dengan mengutip hadis tentang Mujaddid dalam Islam:

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ، ﻋﻦ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ: «ﺇﻥ اﻟﻠﻪ ﻳﺒﻌﺚ ﻟﻬﺬﻩ اﻷﻣﺔ ﻋﻠﻰ ﺭﺃﺱ ﻛﻞ ﻣﺎﺋﺔ ﺳﻨﺔ ﻣﻦ ﻳﺠﺪﺩ ﻟﻬﺎ ﺩﻳﻨﻬﺎ».

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: "Allah mengirim seseorang untuk umat Islam dalam kurun 100 tahun untuk melakukan tajdid terhadap agamanya." (HR Abu Dawud).

ﻭﻗﺎﻝ اﻟﻌﻠﻘﻤﻲ ﻓﻲ ﺷﺮﺣﻪ ﻣﻌﻨﻰ اﻟﺘﺠﺪﻳﺪ ﺇﺣﻴﺎء ﻣﺎ اﻧﺪﺭﺱ ﻣﻦ اﻟﻌﻤﻞ ﺑﺎﻟﻜﺘﺎﺏ ﻭاﻟﺴﻨﺔ ﻭاﻷﻣﺮ ﺑﻤﻘﺘﻀﺎﻫﻤﺎ

Al-Alqami berkata bahwa Tajdid adalah menghidupkan kembali sesuatu yang telah punah berupa mengamalkan Qur'an dan Sunah serta mengamalkan kandungannya.

ﻗﺎﻟﻮا ﻭﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﺇﻻ ﻋﺎﻟﻤﺎ ﺑﺎﻟﻌﻠﻮﻡ اﻟﺪﻳﻨﻴﺔ اﻟﻈﺎﻫﺮﺓ ﻭاﻟﺒﺎﻃﻨﺔ

Para ulama mengatakan bahwa sosok Mujaddid ini tidak lain adalah orang yang memiliki ilmu agama secara zahir dan batin (Aun Al-Ma'bud, 11/260).

Kiai Miftah juga dawuh bahwa persoalan Tajdid ini adalah sunnatullah dalam banyak aspek, tidak hanya agama, termasuk juga organisasi.

Bagi saya -boleh setuju boleh tidak- tajdid dalam organisasi NU adalah Muktamar NU ke-27 di Situbondo yang telah berhasil mengembalikan NU ke Khittahnya setelah mengalami banyak dinamika perjalanan. Adalah sosok KH As'ad Syamsul Arifin sebagai panutan di masa itu sekaligus Sohibul Bait. Menjadi lebih sempurna dengan keberadaan para kiai-kiai NU seperti KH Mahrus Ali, KH Ali Maksum, KH Ahmad Siddiq, Gus Dur dan sebagainya.

Rencananya adalah ziarah ke Maqbarah KH As'ad Syamsul Arifin dan sowan kepada Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah, KH Azaim Ibrahimy, namun beliau sedang berada di luar kota. Akhirnya Ustaz Khairuddin Habziz dan Ust Wandi Isdianto  selaku dosen Ma'had Aly mengajak ngaji bersama serba dadakan.(*)

***

Penulis: Ustadz Makruf Khozin
Editor: Muhammad Mihrob


Aktifkan NSP Tausiyah Ustadz Makruf Khozin "Dzikir Solusi Musibah"
Ketik DSMUA Kirim SMS ke 1212
Tarif: Rp. 9.900/bulan