Nabi dan Sahabat Melakukan "Tahlilan" di Makam Sa'ad bin Mu'adz

 
Nabi dan Sahabat Melakukan

LADUNI.ID, Jakarta - Ngaji Subuh Online Masjid Manarul Ilmi ITS yang mengkaji Sahih al-Bukhari sampai pada Hadis no 463;

ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ، ﻗﺎﻟﺖ: ﺃﺻﻴﺐ ﺳﻌﺪ ﻳﻮﻡ اﻟﺨﻨﺪﻕ ﻓﻲ اﻷﻛﺤﻞ، «ﻓﻀﺮﺏ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺧﻴﻤﺔ ﻓﻲ اﻟﻤﺴﺠﺪ، ﻟﻴﻌﻮﺩﻩ ﻣﻦ ﻗﺮﻳﺐ» ﻓﺈﺫا ﺳﻌﺪ ﻳﻐﺬﻭ ﺟﺮﺣﻪ ﺩﻣﺎ، ﻓﻤﺎﺕ ﻓﻴﻬﺎ

"Aisyah berkata bahwa Sa'ad terluka ketika perang Khandaq di bagian lengannya. Nabi shalallahu alaihi wasallam memasang tenda di masjid agar ia bisa dijenguk dari dekat. Ternyata darah Sa'ad terus keluar, ia pun meninggal di tenda tersebut."

Ada beberapa keistimewaan ketika meninggalnya Sahabat Sa'ad ini. Di antaranya:

1. Bergoncangnya Arsy

«اﻫﺘﺰ ﻋﺮﺵ اﻟﺮﺣﻤﻦ ﻟﻤﻮﺕ ﺳﻌﺪ ﺑﻦ ﻣﻌﺎﺫ»

"Arsy Allah yang bersifat Rahman bergoncang karena meninggalnya Sa'ad bin Mu'adz," (HR Bukhari).

2. Nabi shalallahu alaihi wasallam dan para sahabat mendoakan dengan kalimat-kalimat dzikir di makam Sa'd bin Mu'adz:

ﻓﺪﺧﻞ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺒﺮﻩ , ﻓﺠﻌﻞ ﻳﻜﺒﺮ ﻭﻳﻬﻠﻞ ﻭﻳﺴﺒﺢ

Kemudian Rasulullah shalallahu alaihi wasallam masuk ke dalam kuburnya Sa'ad, Rasulullah membaca Takbir, Tahlil dan Tasbih.

ﻓﻠﻤﺎ ﺧﺮﺝ ﻗﻴﻞ ﻟﻪ: ﻳﺎ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﻣﺎ ﺭﺃﻳﻨﺎﻙ ﺻﻨﻌﺖ ﻫﻜﺬا ﻗﻂ ﻗﺎﻝ: «ﺇﻧﻪ ﺿﻢ ﻓﻲ اﻟﻘﺒﺮ ﺿﻤﺔ ﺣﺘﻰ ﺻﺎﺭ ﻣﺜﻞ اﻟﺸﻌﺮﺓ , ﻓﺪﻋﻮﺕ اﻟﻠﻪ ﺃﻥ ﻳﺮفعه ﻋﻨﻪ ﺫﻟﻚ

Setelah keluar, Rasulullah ditanya: "Wahai Rasulullah, kami tidak pernah melihat engkau melakukan hal ini". Nabi menjawab: "Sungguh telah terjadi penyempitan tanah kubur sehingga seperti sehelai rambut. Lalu aku berdoa kepada Allah agar menghilangkan hal itu," (HR Hannad dalam Az-Zuhd. Hadis yang sama juga diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Al-Baihaqi dan Hakim Tirmidzi).

Redaksi selengkapnya dalam Musnad Ahmad sebagai berikut:

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ الأَنْصَارِيِّ، قَالَ: خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمًا إِلَى سَعْدِ بْنِ مُعَاذٍ حِينَ تُوُفِّيَ، قَالَ: فَلَمَّا صَلَّى عَلَيْهِ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَوُضِعَ فِي قَبْرِهِ وَسُوِّيَ عَلَيْهِ، سَبَّحَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَسَبَّحْنَا طَوِيلًا، ثُمَّ كَبَّرَ فَكَبَّرْنَا، فَقِيلَ: يَا رَسُولَ اللهِ، لِمَ سَبَّحْتَ؟ ثُمَّ كَبَّرْتَ؟ قَالَ: " لَقَدْ تَضَايَقَ عَلَى هَذَا الْعَبْدِ الصَّالِحِ قَبْرُهُ حَتَّى فَرَّجَهُ اللهُ عَنْهُ "

“Jabir bin Abdillah berkata: ‘Pada suatu hari kami keluar bersama Rasulullah shalla Allahu ‘alaihi wa sallam menuju sahabat Sa’ad bin Mu’adz ketika meninggal dunia. Setelah Rasulullah shalla Allahu ‘alaihi wa sallam menunaikan shalat jenazah kepadanya, ia diletakkan di pemakamannya, dan tanah diratakan di atasnya, maka Rasulullah shalla Allahu ‘alaihi wa sallam membaca tasbih. Kami pun membaca tasbih dalam waktu yang lama. Kemudian Nabi membaca takbir, maka kami membaca takbir. Lalu Nabi ditanya: “Wahai Rasulullah, mengapa engkau membaca tasbih kemudian membaca takbir?” Nabi menjawab: “Kuburan hamba yang shaleh (Sa’ad bin Mu’adz) ini benar-benar menjadi sempit, hingga Allah melapangkannya baginya.”

Ilustrasi foto di makam Sahabat saya, H Majid. Di tahun 2000-an, H. Majid sempat berada di rumah mertua saya, mendiami lt.2 dan saat itu sering ngobrol dengan saya. Setelah menikah, beliau ke Makkah dan tinggal di Jeddah, menjadi pembimbing umroh. Alhamdulillah 2x saat saya ke Makkah selalu berjumpa dengan beliau. Karena penyakit kencing manis, kesehatan beliau terus menurun dan ingin pulang ke Madura. Sesampainya di Madura, tidak sampai sehari semalam beliau wafat dan makamnya bersebelahan dengan mertua saya. Rahimahullah wa ghafara dzunubah.(*)

***

Penulis: Ustadz Ma’ruf Khozin
Editor: Muhammad Mihrob


Aktifkan NSP Tausiyah Ustadz Makruf Khozin "Dzikir Solusi Musibah"
Ketik DSMUA Kirim SMS ke 1212
Tarif: Rp. 9.900/bulan