Inilah Doa yang Selalu Dibaca Para Waliyullah

 
Inilah Doa yang Selalu Dibaca Para Waliyullah
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Wali Allah adalah manusia pilihan. Begitupun dengan doa-doa yang selalu dipanjatkan dan diamalkan oleh para Wali Allah juga merupakan doa pilihan. Sungguh beruntung bagi orang yang dapat mengamalkan doa sebagaimana yang diamalan oleh mereka.

Doa yang dimaksud tersebut terdapat di dalam Kitab Nashoihul 'Ibad karya Syaikh Nawawi Al-Bantani, Kitab Tanbihul Ghafilin karya Abu Laits As-Samarqandi dan Kitab Ihya' Ulumiddin karya Imam Al-Ghazali. Berikut bacaan doanya:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِأُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، اَللَّهُمَّ ارْحَمْ اُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، اَللَّهُمَّ اسْتُرْ اُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، اَللَّهُمَّ اجْبُرْ اُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، اَللَّهُمَّ اصْلِحْ اُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، اَللَّهُمَّ عَافِ اُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، اَللَّهُمَّ احْفَظْ اُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، اَللَّهُمَّ ارْحَمْ اُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ رَحْمَةً عَامَةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ، اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِاُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ مَغْفِرَةً عَامَةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ، اَللَّهُمَّ فَرِّجْ عَنْ اُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فَرَجًا عَاجِلًا يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

"Ya Allah, ampunilah dosa umat Sayyidina Muhammad, Ya Allah, rahmatilah umat Sayyidina Muhammad, Ya Allah, tutuplah kejelekan umat Sayyidina Muhammad, Ya Allah, sulamlah kekurangan umat Sayyidina Muhammad, Ya Allah, baguskanlah umat Sayyidina Muhammad, Ya Allah, sejahterakanlah umat Sayyidina Muhammad, Ya Allah, jagalah umat Sayyidina Muhammad, Ya Allah, rahmatilah umat Sayyidina Muhammad dengan rahmat yang melimpah, wahai Tuhan semesta alam, Ya Allah, ampunilah dosa umat Sayyidina Muhammad dengan ampunan yang melimpah, wahai Tuhan semesta alam, Ya Allah, lapangkanlah jalan umat Sayyidina Muhammad dengan kelapangan yang meluas, wahai Tuhan semesta alam."

Syaikh Ma'ruf Al-Karkhi pernah berkata bahwa siapa yang membaca setiap hari اللهم ارحم امة سيدنا محمد, niscaya Allah mencatatnya termasuk golongan "Wali Abdal".

Dalam riwayat yang lain dinyatakan lafadh berikut:

اَللَّهُمَّ اصْلِحْ اُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، اَللَّهُمَّ فَرِّجْ عَنْ اُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Jika dibaca tiga kali secara istiqomah, niscaya Allah SWT mencatatnya termasuk golongan "Wali Abdal".

Maksud uraian di atas adalah bahwa degan banyak membaca doa tersebut di atas setiap hari, maka insya Allah akan dicatat oleh Allah sebagai orang yang banyak berbuat baik kepada umat Sayyidina Muhammad SAW dan dicatat termasuk golongan para wali, khususnya "Wali Abdal".

Alfaqir ijazahkan doa ini bagi siapa saja yang mau mengamalkannya. Semoga bermanfaat. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 01 Februari 2021. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

Penulis: Habib Muhammad Shulfi

Editor: Hakim