Biografi KH. Sufyan Kholil Rejoso

 
Biografi KH. Sufyan Kholil Rejoso

Daftar Isi Profil KH. Sufyan Kholil Rejoso

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Keluarga
  4. Pendidikan
  5. Peranan di Nahdlatul Ulama (NU)
  6. Menjadi Pengasuh Pesantren

Kelahiran

KH. Sufyan Kholil lahir pada 29 Oktober 1929 di Rejoso, Jombang, Jawa Timur. Beliau merupakan putra dari pasangan KH. Kholil Rejoso dengan istri yang kedua.

Wafat

KH. Sufyan Kholil wafat pada tahun 1978 di Pondok Pesantren Darul Ulum.

Keluarga

Pada tahun 1961, KH. Sufyan Kholil melepas masa lajangnya dengan menikahi Noer Chalimah, seorang putri dari Magelang. Buah dari pernikahannya, beliau dikarunia 3 putra dan 3 putri. Anak-anak beliau diantaranya Ida Richany, Faiqah Rahmiati, Muhammad Farihin, Muhammad Faisol, Muhammad Fanany, dan Farra Adibah.

Pendidikan

KH. Sufyan Kholil menghabiskan pendidikannya dengan belajar Pondok Pesantren Darul Ulum hingga beliau menyelesaikan jenjang pendidikan tingkat Menengah Pertama. Setelah selesai, beliau melanjutkan nyantri di Semarang, lalu berpindah ke Yogyakarta.

Peranan di Nahdlatul Ulama (NU)

Pada tahun 1954, KH. Sufyan Kholil ikut aktif sebagai pelopor berdirinya Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), dan beliau juga ditunjuk sebagai tenaga pengajar dan administrasi di Madrasah Muallimat Yogyakarta.

Pada tahun 1959, ia diamanahi sebagai ketua Gerakan Pemuda Anshor, Bantul, Yogyakarta dan pada tahun 1962, ia menjabat di DPR RI Pusat mewakili Wilayah Yogyakarta.

Menjadi Pengasuh Pesantren

Pada tahun 1973, KH. Sufyan Kholil harus pulang kampung untuk mengisi kepemimpinan Pesantren Darul Ulum yang “kosong” lantaran ditinggalkan Kiai Bisri Kholil sebagai rekan Kiai Mustain dalam menjalankan amanat kepemimpinan pesantren.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya