Institut Agama Islam Al-Khairat (IAI) Pamekasan

 
Institut Agama Islam Al-Khairat (IAI) Pamekasan

PROFIL

Berangkat dari tuntutan umat yang semakin meningkat dan dihadapkan pada kenyataan kurang memadainya perangkat infrastruktur di beberapa pesantren. Maka tergeraklah para pimpinan pesantren dan ulama untuk merumuskan masalah-masalah guna dicarikan jalan pemecahannya.

Dari berbagai pertemuan yang dilangsungkan dari pondok ke pondok, maka disepakati berdirinya Yayasan Al-Khairat, sebagai wadah resmi melakukan pengabdian bersama.

Yayasan Al-Khairat, untuk pertama kalinya berkantor di Pondok Pesantren (Ponpes) Banyuwanyar, Palengaan, Pamekasan, dengan Akta Notaris pada tanggal 21 Mei 1985. Yayasan ini menjadi wadah atau konfederasi pesantren Pamekasan, dan sekitarnya. Antara lain Ponpes Banyuwanyar, Ponpes Bata-Bata, Ponpes Gunungsari, Ponpes Nyalaran, dan beberapa pondok lain di Pamekasan.

Ponpes tersebut memiliki beberapa lembaga pendidikan keagamaan yang berada dibawa naungan Yayasan Al-Khairat, Pamekasan. Lembaga yang dimaksud berupa lembaga pendidikan formal dan non formal.

Pada tahun 1989 sesuai dengan SK Yayasan Nomor 17/A.1/YAK/I/89, tertanggal 2 Januari 1989. Disepakati untuk pendirian Perguruan Tinggi (PT) di lingkungan Yayasan Al-Khairat, Pamekasan. Dengan lahirnya keputusan itu, maka terbentuklah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) dengan SK Menteri Agama RI Nomor 38 Tahun 1992.

Pada tahun 1997, STIT Al-Khairat, Pamekasan. Berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Khairat, dengan keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Nomor E/69/97 tentang perubahan nama STIT Al-Khairat, Pamekasan, jurusan Pendidikan Agama Islam (tarbiyah). Menjadi STAI Al-Khairat, Pamekasan.

Memasuki tahun 2008, STAI Al-Khairat, Pamekasan, melakukan akriditasi dengan nilai B. sesuai dengan keputusan Badan Akriditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Nomor 018/BAN-PT/Ak-XI/S1/VIII/2008.

Untuk melengkapi dan memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat, STAI Al-Khairat, Pamekasan, mendapat ijin operasional program studi baru pada jenjang strata satu (S1) pada tanggal 28 Februari 2013. Yakni prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dengan SK Dirjenpendis Nomor 447 Tahun 2013 tentang ijin penyelenggaraan program studi.

Pada tanggal 17 September 2013, STAI Al-Khairat, Pamekasan, sudah melakukan perpanjangan akriditasi dengan peringkat nilai B sesuai dengan keputusan Badan Akriditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Nomor 240/SK/BAN-PT/Ak-XI/S1/XI/2013.

Disusul berikutnya prodi Ekonomi Syariah (ESY) dengan SK Dirjenpendis Nomor 3656 Tahun 2014 tentang izin penyelenggaraan program studi strata satu (S1) Pada Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta, tahun 2014, tanggal 1 Juli 2014.

Pada awal 2017, kampus yang beralamat di Jl. Raya (Palduding) Palengaan Pamekasan, kembali berencana kembali membuka dua prodi baru. Masing-masing Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI). Bahkan juga tengah berupaya beralih status menjadi institut.

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Khairat Pamekasan secara resmi bertransformasi menjadi Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, melalui penyerahan SK perubahan status dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI di Jakarta, Senin (23/4/2018).

Penyerahan SK dan sertifikat perubahan status yang ditanda tangani oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI Kamaruddin Amin, diterima langsung oleh Rektor IAI Al-Khairat Pamekasan Abdul Muin di Hotel Lumire Jl Senen Raya Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Perubahan status tersebut berdasar keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6016 Tahun 2017 tentang Perubahan Bentuk STAI Al-Khairat Pamekasan menjadi Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan, per 13 Oktober 2017 lalu.

Baca: Susunan dan Tuntunan Lengkap Bacaan Tahlil dan Doa Arwah Beserta Faedahnya (Tanpa Iklan)

PRODI

TARBIYAH
1. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
2. Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
3. Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

EBIS
1. Ekonomi Syariah (ESY)
2. Perbankan Syariah (PSY)

USHULUDIN
1. Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT)
2. Bahasa dan Sastra Arab (BSA)

Baca: STAI Al-Muhammad Cepu

ALAMAT

Jl. Raya Palengaan No.2, Bunut, Plakpak, Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur

Kode Pos: 69361

Email: humas.alkhairat@gmail.com

HP: 0812-3105-3090

Untuk keterangan lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi melalui: https://alkhairat.ac.id

 

Baca: Pesantren Al-Huda Sumber Nangka Pamekasan

 

KUNJUNGI JUGA