Tips Kehidupan Pernikahan Menjadi Sakinah Mawaddah Warahmah dari Sisi Psikologis

 
Tips Kehidupan Pernikahan Menjadi Sakinah Mawaddah Warahmah dari Sisi Psikologis

Assalamu’alaikum Kakak pengampu konsultasi psikologi remaja di tempat.
Saya saat ini berumur 24 tahun. Saya ingin di umur 25 tahun nanti bisa melangsungkan pernikahan, namun, kadang dalam benak saya sering timbul bayangan yang sangat berat pasca pernikahan. Mohon  bimbingannya agar saya mantap untuk menghadapi dan menjalani pernikahan nantinya.
Saya ucapkan terima kasih atas jawaban dari pertanyaan ini.


Wassalamu’alaikum wr wb.
Anisa di Semarang


Jawaban
Anisa yang baik, terima kasih telah mengirimkan pertanyaan kepada kami. Pertanyaan Anisa ini mungkin mewakili remaja lain yang juga memiliki pemikiran yang sama. Setelah menikah, ada kehidupan baru, ada keluarga baru yang justru bisa menjadi sumber semangat kita. Jangan sampai nih, setelah menikah menjadi tidak produktif karena ternyata kehidupan rumah tangganya berantakan.

Baca juga: Terlalu Keras pada Diri Sendiri Membuatku Tertekan

Ayok kita belajar bersama, apa saja hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam kehidupan pasca menikah agar pernikahan kita menjadi sakinah mawaddah warahmah sesuai ajaran Nabi dan juga baik dari sisi psikologis.

1. Sebelum menikah kita harus memahami tujuan dan hakikat dari pernikahan yang salah satunya adalah meningkatkan ibadah kepada Allah.

2. Memahami dan mengamalkan akhlak, adab dan tugas dari suami atau istri. Apabila suami istri saling  memahami tugas masing-masing maka
akan terbangun keluarga yang harmonis.

3. Luruskan niat bahwa menikah adalah untuk beribadah kepada Allah. Sebagaimana Allah berfirman di dalam Al-Qur’an surah An-Nur ayat 32.

وَاَنْكِحُوا الْاَيَامٰى مِنْكُمْ وَالصّٰلِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَاِمَاۤىِٕكُمْۗ اِنْ يَّكُوْنُوْا فُقَرَاۤءَ يُغْنِهِمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ (٣٢)

Artinya: “Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kaurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui” (QS. An-Nur : 32).

Baca juga: Hubungan Jarak Jauh Membuatku Ragu Menikah

4. Bersikap saling terbuka dan jujur.
5. Toleran dan saling menghormati.
6. Bangun komunikasi yang baik antara suami istri dan juga keluarga besar masing-masing.

Baca juga: Aktif Berorganisasi, tapi Tidak Didukung Orang Tua

7. Selalu bersyukur atas rezeki yang diberikan suami dan bersabar atas ujian yang diberikan. Bisa dilihat dalam firman Allah surah Ibrahim ayat 7:

وَقَالَ مُوْسٰٓى اِنْ تَكْفُرُوْٓا اَنْتُمْ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ جَمِيْعًا ۙفَاِنَّ اللّٰهَ لَغَنِيٌّ حَمِيْدٌ (٨)

Artinya: “Dan (ingatlah), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmatKu), maka sesungguhnya azabKu sangat pedih” (QS.Ibrahim : 7).

Baca juga: Bingung dan Stress karena Dijodohkan Orang Tua

8. Bijak dalam mengambil keputusan. Setiap pernikahan pasti ada konflik yang muncul, maka bersikaplah bijak agar konflik bisa menjadikan kita lebih dewasa dan bisa membuat hubungan suami istri menjadi lebih kuat.

Semoga bisa mencerahkan Anisa dan teman-teman lain yang akan menikah ya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun