3 Perkara yang Perlu Diamalkan Agar Meraih Kesempurnaan Iman

 
3 Perkara yang Perlu Diamalkan Agar Meraih Kesempurnaan Iman

LADUNI.ID, Jakarta - Untuk meraih kesempurnaan iman, seorang muslim tidak cukup hanya dengan melaksanakan ibadah ubudiyah semata. Seorang muslim juga perlu menerapkan cara hidup dan perilaku yang sesuai dengan tuntunan ajaran agama Islam.

Para alim ulama telah banyak yang memberikan nasihat kepada umat muslim agar bisa meraih kesempurnaan iman. Salah satunya adalah sebagaimana nasihat dari Al-Alim Al Allamah Al-Faqih Al-Arifbillah Al Habib Zain bin Ibrahim bin Sumaith nafa’anallah bihi wa bi ‘Ulumihi fid-daarain amin.

Beliau memberikan nasihat: telah diriwayatkan dari ‘Ammar bin Yasir Radhiyallahu ‘anhum sesungguhnya beliau berkata:

Tiga perkara yang apabila seseorang memiliki ketiga-tiganya, maka akan sempurna imannya:

1. Tetap berinfak meski kondisi sedang pas-pasan

Berinfak walau hanya sedikit, walau dalam keadaan bangkrut. Hal yang demikian menunjukkan kepercayaan dan ketawakkalannya kepada Allah SWT.

2. Bersikap adil pada diri sendiri

Maksudnya adalah memenuhi hak-hak keluarga, tetangga dan sahabat-sahabatnya, meskipun mereka tidak mememenuhi hak-haknya kepadamu. Berilah mereka hadiah meskipun mereka tidak memberimu hadiah, tanyalah tentang kabar mereka, meskipun mereka tidak bertanya tentang kabarmu, kunjungi mereka meskipun mereka tidak mengunjungimu.

3. Mengucap salam kepada setiap orang muslim

Tebarkanlah salam kepada setiap orang Muslim, yang engkau kenali maupun yang tidak engkau kenali, terhadap orang dekat maupun terhadap orang jauh, terhadap sahabat maupun terhadap musuh.

Peliharalah wasiat ini, ajarkan kepada anak-anakmu, ini adalah mutiara dari beberapa mutiara yang engkau hadiahkan kepada keluargamu dan kepada orang yang engkau cintai. Ini adalah perhiasan dunia yang telah engkau persembahkan kepada mereka.

Wahai Dzat yang telah menganugerahi taufiq orang-orang baik untuk melakukan kebaikan, dan membantu mereka dengan kebaikan, serta menerima kebaikan dari mereka. Anugerahilah kami kebaikan, bantulah kami diatas kebaikan, serta terimalah amal baik kami, Aamiin.(*)

***

Sumber: Banat Az-Zahra
Editor: Muhammad Mihrob