Bagaimana Hukumnya Menshalati Jenazah yang Tidak Pernah Shalat?

 
Bagaimana Hukumnya Menshalati Jenazah yang Tidak Pernah Shalat?

Pertanyaan

Bagaimana Hukumnya menshalati jenazah yang pada masa hidupnya tidak pernah shalat atau tidak tahu apakah dia shalat atau tidak?

Jawaban

Selama Jenazah yang pada waktu hidupnya tidak pernah shalat tersebut masih mengakui kewajiban shalat atas dirinya dan tidak menentang kewajiban shalat, lebih-lebih jenazah yang tidak diketahui apakah dia shalat atau tidak, asalkan jenazah tersebut berada di daerah yang kebanyakn penduduknya beragama islam, maka hukumnya wajib dishalati.

Baca : Bagaimana Hukumnya Bertawassul kepada Orang Mati?

Dasar pengambilan

Bughyatul Mustarsyidin halaman 92

تَارِكًا لِلصَّلاَةِ وَغَيْرِهَا مِنْ غَيْرِ جُحُوْدٍ وَيَأْ ثَمُ كُلُّ مَنْ عَلِمَ بِهِ لَوْقَصَّرَ فىِ ذَالِكَ لأِنَّ لاَ اِلهَ اِلاَّ الله وِقَايَةٌ لَهُ مِنَ الْخُلُوْدِ فىِ النَّارِ هَذاَ مِنْ حَيْثُ الظَّاهِرِ وَاَمَّا بَاطِنًا فَمَحَلُّ ذَالِكَ حَيْثُ حَسُنَتِ الْخَاتِمَةُ بِالْمَوْتِ عَلَى الْيَقِيْنِ وَالثَّابَتِ
عَلَى الدِّيْنِ فَاْلأَعْمَالُ عُنْوَانٌ
"(Masalah Ba') Wajib mengurus mayat setiap muslim yang telah ditetapkan keislamannya meskipun sangat keji dosa-dosa yang telah dilakukan dan dia meninggalkan shalat dan lainnya tanpa menentang kewajiban. Setiap orang yang mengetahuinya adalah berdosa atau bersikap teledor atau masa bodoh terhadap hal tersebut. Karena kalimah tauhid adalah penjagaan baginya dari kekal dalam neraka. Ini adalah dari segi lahir. Adapun dalam segi batin maka tempatnya adalah sekira dia memperoleh husnul khatimah dalam kematiannya secara yakin dan tetap dalam agama. Adapun amal-amal ibadah adalah tanda-tanda dari keyakinan tersebut".

Baca : Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Gorontalo

Sumber : Buku KYAI MASDUQI MENJAWAB, Tanya Jawab Hukum Islam Bersama KH. Achmad Masduqi Mahfudh

KUNJUNGI JUGA