5 Balasan Bagi Orang yang Shalatnya Selalu Tepat Waktu

 
5 Balasan Bagi Orang yang Shalatnya Selalu Tepat Waktu

Laduni.ID, Jakarta - Shalat 5 waktu yang dilaksanakan tepat waktu memiliki keutamaan dan faidah yang sangat luar biasa. Selain karena shalat adalah perintah ibadah yang langsung dari Allah SWT, shalat lima waktu juga bisa mencegah dari perbuatan mungkar.

Berikut ini adalah lima balasan atau keutamaan bagi orang yang shalatnya selalu dilaksanakan tepat waktu.

1. Dicintai Allah

Dicintai Allah melebihi berbakti pada orangtua dan berjihad.

Rasulullah ﷺ bersabda: “Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah shalat pada waktunya, berbakti kepada kedua orang tua, dan jihad di jalan Allah.” (HR. Bukhari & Muslim).

2. Surga adalah balasannya

“Allah Ta’ala berfirman: "Sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu shalat lima waktu, dan Aku berjanji bahwa barang siapa yang menjaga waktu-waktunya pasti Aku akan memasukkannya ke dalam surga, dan barang siapa yang tidak menjaganya maka Dia tidak mendapatkan apa yang Aku janjikan."

3. Diampuni dosa-dosanya

“Sesungguhnya seorang hamba yang muslim, jika menunaikan shalat dengan ikhlas karena Allah, maka dosa-dosanya akan berguguran seperti gugurnya daun-daun ini dari pohonnya.” (HR. Ahmad).

4. Pahala kebaikan yang amat besar

Rasulullah ﷺ bersabda:

Seandainya orang-orang mengetahui pahala azan dan barisan (shaf). Pertama, lalu mereka tidak akan memperolehnya kecuali dengan ikut undian, niscaya mereka akan Berundi. Dan seandainya nereka mengetahui pahala menyegerakan shalat pada awal waktu, Niscaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya. Dan seandainya mereka mengetahui pahala shalat Isya dan Subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan jalan merangkak.” (HR. Bukhari).

5. Memperoleh sembilan macam kemuliaan

Utsman bin ‘Affan رضي الله عنه berkata:

Barang Siapa selalu mengerjakan Shalat Lima waktu tepat pada waktu utamanya, Maka Allah akan Memuliakan nya dengan sembilan macam kemuliaan, yaitu :

a). Dicintai Allah,
b). Badannya selalu Sehat,
c). Keberadaannya selalu dijaga Malaikat,
d). Rumahnya diberkahi,
e). Wajahnya menampakkan jati diri orang shalih,
f). Hatinya dilunakkan oleh Allah,
g). Dipermudah saat akan menyeberang Shirath (jembatan di atas neraka) seperti kilat,
h). Dia akan diselamatkan Allah dari api neraka,
i). Allah Akan menempatkannya di surga kelak Bertetangga dengan Orang-orang yang tidak ada rasa takut bagi Mereka dan tidak pula bersedih Hati.

Semoga Allah senantiasa membimbing kita dengan hidayah dan Taufiq nya. Aamiin.

اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ۞ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ ۞ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ ۞ نَاصِرِ الحَقِّ بِالحَقِّ ۞ وَالهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ المُسْتَقِيمِ ۞ وَعَلَى آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيمِ ۩

***

Source: Ya Tarim Wa Ahlaha
Editor: Muhammad Mihrob