Tips Membuat Tangisan Bayi Cepat Reda

 
Tips Membuat Tangisan Bayi Cepat Reda

Assalamu’alaikum wr wb

Perkenalkan saya, ayah AN. Saya punya anak batita, masih kurang dari 1 tahun. Saya suka kesulitan kalau diminta tolong istri buat gantiin jagain anak saya, karena selalu nangis kalau saya gendong. Makin lama nangisnya, makin bikin saya stres. Sejauh ini saya sekuat tenaga menahan diri agar jangan sampai marah pas lagi gendong anak. Cuma ya itu, saya pengin anak saya kalau saya gendong ga nangis. Gimana ya, Pak? Makasih banyak Pak.

Wassalamu’alaikum wr wb

Hormat saya,

Ayah AN

Jawaban:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih sudah berbagi dengan kita di sini, Pak. Sebelumnya saya mengapresiasi Bapak, karena sebagai seorang ayah bersedia untuk “momong” bayinya. Hal yang agak jarang kalau di sini, karena adat yang berlaku lebih banyak bahwa anak adalah urusan ibunya. Oleh karena itu jarang ada ayah yang sampai mau menimang bayinya, atau memandikan bahkan mengganti popoknya. Walaupun saat ini memang mulai ada upaya untuk memahamkan bahwa urusan anak tidak lagi sebagai urusan ibu tapi juga ayah. Kembali ke pertanyaan Bapak, ada beberapa cara yang bisa dicoba, antara lain:

Pertama, kunci menenangkan bayi adalah tenangkan hati kita terlebih dahulu. Oleh karena itu, kita harus tetap tenang ketika menghadapi bayi. Mengapa? Karena bayi yang masih suci itu sangat peka dengan kondisi batin orang lain. Dia akan mudah menangkap energi batin yang tidak tenang, sehingga kalau kita tidak tenang dalam menghadapinya, dipastikan maka bayi kita juga tidak akan tenang.

Baca juga: Tips Agar Anak Tidak Susah Mandi

Kedua, pahami makna tangisan. Bayi yang masih belum bisa berkomunikasi secara verbal akan menggunakan tangisan untuk menyampaikan apa yang dia rasakan dan dia inginkan. Tangisan adalah pertanda ada yang tidak nyaman dalam diri seorang bayi. Oleh karenanya, untuk membuat tangisannya reda, maka buatlah ananda senyaman mungkin.

Ketiga, alihkan perhatian bayi. Perhatian seorang bayi masih sangat mudah untuk dialihkan, oleh karenanya, ketika menangis, segera alihkan perhatiannya agar dia lupa dengan penyebab tangisannya. Bisa diajak keluar rumah, atau melihat TV, atau apa saja yang bisa mengalihkan perhatiannya.

Baca juga: Keluarga Adalah Kunci Kesembuhan dari Gangguan Mental

Keempat, temukan kesukaan ananda. Jika sudah terbiasa, perhatikan apa yang ananda sukai yang bisa membuatnya senang? Anda akan menemukan kegiatan tertentu atau tempat tertentu di mana bayi Anda sangat menyukainya. Misalnya melihat aquarium, atau melihat wajah di cermin, dsb. Gunakan itu untuk meredakan tangis bayi. Tiap menangis, ajak anak Anda ke tempat atau kegiatan favoritnya.

Mungkin itu yang bisa saya sampaikan. Mudah-mudahan ada manfaatnya dan selamat mencoba, Pak…..

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam hormat

Dr. Muhammad Fakhrurrozi, M. Psi, Psi