Kisah Saat Gus Dur Mengutus Tim Ekonomi Indonesia Temui Bill Clinton

 
Kisah Saat Gus Dur Mengutus Tim Ekonomi Indonesia Temui Bill Clinton

LADUNI.ID, Jakarta - Ketika Gus Dur menjadi Presiden RI, beliau mengirim tim ekonominya ke AS untuk bertemu dan meminta pandangan Presiden Bill Clinton tentang ekonomi Indonesia yang saat itu sedang didera krisis.

Sesampainya di AS, tim ekonomi disambut di Gedung Putih, namun dengan nada yang sangat pesimis, “Kami di AS punya Johny CASH (aktor di Las Vegas), Stevie WONDER (penyanyi kondang), dan Bob HOPE (pelawak tenar),” demikian sambut Clinton.

“Anda di Indonesia, tidak punya cash (uang tunai), tidak ada wonder (keajaiban), jadi tidak ada hope (harapan) . cashless, wonderless, dan hopeless!,” tegas Bill Clinton.

Tim ekonomi Indonesia pun pulang dengan wajah tertunduk lesu.

Sesampainya di Istana Merdeka, tim ekonomi ditanya oleh Presiden Gus Dur, “Gimana hasil kunjungan ke AS?,” sapa Gus Dur.

Ketua tim ekonomi pun berkeluh kesah:

“Wah, payah Gus! Menurut Clinton Indonesia tidak punya Johny Cash, Stevie Wonder, dan Bob Hope. Jadi kita Cashless, Wonderless, dan Hopeless! Pendeknya susah deh, Gus!,” tutur ketua tim ekonomi dengan nada lesu.

Sambil senyum-senyum, Gus Dur menjawab dengan jenaka dan cerdik:

“Gitu aja kok repot! Kita memang tidak punya Johny Cash, Stevie Wonder, dan Bob Hope. Tapi kita punya banyak Slamet, Bejo, dan Untung!,” tegas Gus Dur.

Ila ruuhil marhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), alfaatihah…

***

Penulis: Nurudin Hidayat
Editor: Muhammad Mihrob