Quotes Berharga dari Habib Ali Al-Jufri

 
Quotes Berharga dari Habib Ali Al-Jufri

LADUNI.ID, Jakarta - Ketika berceramah di Pondok Pesantren Daarul Qur’an Cipondoh Tangerang, Jumat malam (29/11/2020), Habib Ali Al-Jufri menjelaskan tentang pentingnya perilaku umat Islam yang berdasarkan akhlak baik. Menurut beliau, yang terpenting sekarang bukan menjejali anak-anak dengan teori, melainkan adalah perilaku kita yang mencerminkan nilai Islam.

"Anak-anak sekarang jenuh dengan teori dan teriakan. Mereka beda, anak-anak millenial lebih tertarik dengan sikap yang engkau tampilkan," ungkap Habib Ali Al-Jufri di Pondok Pesantren asuhan Ustadz Yusuf Mansur tersebut.

Menurut Habib Ali, jangan sampai anak-anak millennial tidak tertari dengan Al-Qur’an disebabkan perlaku umat Islam yang tidak mencerminkan apa yang diajarkan di dalam Al-Qur’an.

"Jangan sampai para pemuda millenial sekarang ini tidak tertarik dengan Al-Qur'an akibat perilaku kita yang justeru tidak sesuai dengan apa yang ada dalam Al-Qur'an," imbuh Habib Ali Al-Jufri.

Habib Ali Al-Jufri juga menyampaikan bahwa mungkin kita sebagai ustadz atau ulama sangat bangga dengan apa yang kita lakukan dengan mengajak orang memeluk agama Islam. Tetapi, lanjut beliau, kita tidak boleh lupa bahwa banyak yang keluar dari Islam gara-gara perilaku umat Islam sendiri.

"Kadang kita bangga saat berhasil mengajak orang memeluk Islam. Seolah ini persembahan terbaik kita di hadapan Tuhan. Tapi kita lupa berapa banyak orang lari dari Islam karena sikap kita. Tak terhitung orang yang patah hati sebab kita, hingga menjauh dari kebenaran," jelas Habib Ali Al-Jufri.

***

Dari penjelasan dan quotes berharga dari Habib Ali Al-Jufri tersebut, setidaknya dapat kita renungkan bahwa menjalankan agama Islam tidak boleh hanya sekehendak diri belaka. Diperlukan adab, akhlak, ilmu untuk benar-benar melaksanakan perintah agama Islam.

Penting juga bagi umat Islam untuk saling toleran jika menemui berbagai perbedaan pendapat. Sebab, masing-masing kita adalah etalase Islam. Dalam etalase itu, terdapat banyak macam aliran, pendapat, dan firqoh yang kesemuanya merepresentasikan ajaran Islam. Kita hanya perlu memilih apa yang dibutuhkan untuk kehidupan kita.

Dan, bila ada orang yang memiliki perilaku yang bertentangan dengan ajaran Islam, misalnya ajakan membunuh, ajakan berperang (yang itu tidak sesuai dengan ajaran Islam dalam konteks sekarang), tentu kita harus menjauhinya. Sebab, saat ini, banyak orang yang mengatasnamakan Islam, tetapi perilaku dan ajarannya sangat bertentangan dengan Islam.

Wallahu a’lam bisshawab…