Kisah KH. Masduqi Ali Babakan, Sosok yang Mengasuh Gus Dur Saat Kecil

 
Kisah KH. Masduqi Ali Babakan, Sosok yang Mengasuh Gus Dur Saat Kecil

LADUNI.ID, Jakarta - Kisah KH. Masduqi Ali di pesantren layaknya kisah seperti santri pada umumnya. Tapi ada sedikit cerita yang unik.

Menurut almarhum Kiai Bulqin (murid Kiai Masduqi), saat masih belajar di Pondok Tebuireng, ayah Gus Dur, KH. Wahid Hasyim, bercerita kepada Masduqi tentang Gus Dur kecil yang mempunyai perilaku susah diatur dan Gus Dur kecil adalah sosok anak yang nakal.

Karena prilaku anaknya yang nakal tersebut, akhirnya KH. Wahid memohon kepada Masduqi Ali untuk menemani, membimbing dan mengasuh Gus Dur. Maka sejak itulah, KH. Masduqi Ali menjadi sosok pengasuh Gus Dur.

Maka hal tersebutlah yang membuat Gus Dur ketika menjadi presiden dan tokoh NU, beliau seringkali sowan ke Pesantren Babakan, untuk bertemu sang pengasuhnya tersebut.

Selain itu, saat KH. Ali Yafie mengundurkan diri dari Rais ‘Aam PBNU, Gus Dur yang saat itu menjadi Ketua Umum Tanfidziah PBNU sempat mengusulkan nama KH. Masduqi Ali untuk posisi Rais ‘Aam yang kosong tersebut, namun Allah punya kehendak lain, KH. Masduqi Ali keburu wafat pada tahun 1991.