Panti Asuhan Al Ikhlas Bekasi

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
Panti Asuhan Al Ikhlas Bekasi

Profil
Yayasan Al-Ikhlas, Kayuringin peduli Anak Yatim dan Dhuafa lahir dari rasa keprihatinan atas nasib dan penderitaan anak-anak yatim yang potensial dan mempunyai semangat belajar yang tinggi, khususnya di kawasan Bekasi dan sekitarnya, namun tidak mempunyai biaya untuk dapat mengenyam pendidikan yang baik dan layak. Oleh karena itu kami Yayasan Al-Ikhlas Kayuringin yang awalnya berorientasi di kajian-kajian keagamaan dan sosial mulai memprioritaskan masalah nasib dan masa depan anak yatim pada awal tahun 1992. Bersama para donatur yang dapat kami himpun, Yayasan Al-Ikhlas dengan kemampuan seadanya mencoba berusaha semaksimal mungkin menghimpun semua potensi untuk bersama-sama berpikir dan berusaha mengurangi penderitaan anak-anak yatim agar tetap dapat bersekolah dan menjadi generasi penerus yang handal dan berakhlakul karimah.

Pada Tahun 1992 Yayasan AI-Ikhlas Kayuringin resmi menjadi panti asuhan yatim dan yatim piatu serta du'afa yang beralamat di Jl. Telaga Bodas Raya - Gg. Gunung Gede IX No. 62 Rt. 05/13 Kel. Kayuringin Kec. Bekasi Selatan Kota Bekasi, berdiri sejak tahun 1992 dengan Akta Notaris No 22/III/1992. Kegiatan yayasan yang saat ini di lakukan adalah menampung anak-anak yatim piatu dan sekolah taman kanak-kanak.

Yayasan Al-Ikhlas Kayuringin juga menerima dan Menyalurkan : Zakat Mal, Infak, Shodaqoh, Wakaf, Fidyah, Aqiqah dan Hewan Kurban, Adapun kegiatan kami di Yayasan Al-Ikhlas yaitu Membina Anak-anak Yatim dan yatim piatu, pemberian sembako atau santunan kepada para janda dan dhu'afa, Majlis Taklim para ibu-ibu.
Visi dan Misi
Visi :
1. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi anak-anak Yatim dan Yatim Piatu serta para Dhuafa. Meningkatkan hubungan silaturahmi antar masyarakat dengan anak yatim dan yatim piatu serta dhuafa tanpa membeda-bedakan status sosial.
2. Menjadi Lembaga sosial yang membina generasi muda yang cerdas, berakhlakul karimah, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
3. Turut membantu program pengentasan kemiskinan melalui panti asuhan.
Misi :
1. Memberikan Pendidikam llmu agama dan Umum
2. Merianamkan keimanan yang kokoh dan membimbing ketaatan dalam beribadah
3. Membina para santri dan santriwati untuk bertingkah laku baik, sopan, jujur dan saling tolong menolong.
Motto
Berjuang bersama Allah SWT dalam mengasihi dan peduli sesama ummat manusia
Maksud dan Tujuan:
1. Membantu pemerintah daerah maupun pusat di dalam visi dan misi untuk mewujudkan sumber daya manusia {SDM) yang berkualitas dalan IMTAK dan IPTEK yang dapat mengaktualisasikan di dalam masyarakat pada umumnya serta misi-nya dalam menyiapkan kader/calon pemimpin masa depan yang adil, jujur, kreatif, produktif dan inovatif dengan diniatkan dasar keimanan dan ketaqwaan kepada ALLAH SWT.
2. Membantu pemerintah di dalam mengentaskan kemiskinan dalan rangka usaha dan upaya kegiatan sosial, guna mensejahterakan rakyat dan meningkatkan taraf kehidupan seluruh masyarakat dan generasi anak bangsa dengan pemberian santunan, terutama bagi anak-anak yatim piatu yang terlantar dan anak-anak putus sekolah dari keluarga miskin dan para kaum dhuafa.
3. Membantu pemerintah di dalam mencerdaskan bekal hak anak-anak bangsa dengan memberikan kesempatan pendidikan agama / umum dan pendidikan keterampilan bagi anak-anak, yatim piatu yang terlantar dan dhuafa yang mau bersedia sekolah dan berusaha serta berupaya, guna bekal membantu kehidupan keluarga miskin dan para kaum dhuafa di dalam masyarakat untuk mendapatkan kesempatan memperoleh lapangan pekerjaan (menanggulangi Pengangguran) dan sekaligus pemberdayaan masyarakat serta memberikan solusi masalah sosial sesuai kemampuan bakat keterampilannya agar menjadi anak-anak yang mandiri.
4. Membantu pemerintah dalam mewujudkan manusia beriman dan bertaqwa, baik mental maupun spiritual demi keutuhan manusia yang berakhlaqul karimah, berbuat jujur, berbudi luhur di dalam rangka mengadakan kegiatan sosial dan menggadakan pendidikan keagamaan dari tingkat taman kanak-kanak, TPA/TPQ, Pondok pesantren, panti asuhan yatim piatu, dakwah, perguruan tinggi, majelis taklim, majelis ilmu, majelis dzikir/ do'a munajat, sehingga dapat berbakti pada nusa dan bangsa melaksanakan dengan penuh pengabdian kepada Allah SWT dalam bersosialisasi pada masyarakat umum.
5. Meningkatkan usaha hasil pendapatan perekonomian rakyat melalui berbagai kegiatan sesuai keterampilan, wiraswasta, peternakan dan pertanian, perikanan, perbengkelan, jahit menjahit, kursus komputer secara mandiri.
6. Membina dan mengembangkan bakat-bakat dan kreativitas (skill) pendidikan kesenian dan budaya bangsa ban keterampilan masyarakat agar berkembangnya semi kebudayaan bangsa yang sesuai dengan daerah benafaskan islam di era globalisasi milenium 2000.
7. Memberikan perlindungan dan membela hak anak-anak bangsa yang terlantar untuk tumbuh kembang dengan memperoleh pendidikan agama / umum dan pendidikan khusus keterampilan dengan pembinaan yang nyata, guna menjadi anak-anak yang mandiri sebagai kader generasi penerus harapan bangsa untuk penggantian dimasa mendatang membantu yayasan dan berbakti kepada kedua orangtua.
Kegiatan sosial Panti Asuhan Yayasan Al-Ikhlas :
1. Pembinaan terhadap anak didik/binaan Panti Asuhan Yayasan Al-Ikhlas
2. Pemberian santunan, sembako, dll kepeda para janda dan dhuafa dan anak binaan Panti Asuhan Yayasan Al-ikhlas Kayuringin.
3. Majelis Taklim yang diadakan pada setiap hari Senin dan Selasa
4. Pelatihan hadroh, kosidah dan marawis bagi anak-anak Panti Asuhan Yayasan Al-Ikhlas Kayuringin.
5. Penyaluran daging kurban bagi anak binaan Panti Asuhan Yayasan Al-Ikhlas
Kayuringin dan kepada para janda dan dhuafa.

Alamat
Jl. Telaga Bodas Raya No.250, RT.004/RW.013, Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat
Kode Pos: 17144