Konsultasi Psikologi: Bagaimana Menemukan Jati Diri?”

 
Konsultasi Psikologi: Bagaimana Menemukan Jati Diri?”

Assalamu’alaikum wr wb

Saya, ayah dari satu orang anak yang baru berusia kira-kira 2 tahun. Saat ini saya bekerja di perusahaan swasta. Istri saya ibu rumah tangga sembari berdagang online. Sebelumnya saya bekerja di perusahaan asing dengan gaji yang cukup besar. Cukup lama saya kerja di sana. Tapi saya merasa tidak nyaman karena tekanan kerja. Sekitar 3 tahun lalu saya pindah kerja, ke tempat kerja yang sekarang. Jenis kerjanya sama sekali beda dengan sebelumnya. Awalnya saya merasa baik-baik saja, walaupun gajinya lebih kecil dibandingkan yang sebelumnya. Namun belakangan ini saya mulai gelisah karena lingkungan kerja saya kurang sehat. Atasan saya yang baru seringkali memojokkan saya di berbagai kesempatan. Hal ini membuat saya berpikiran untuk pindah kerja lagi. Saya bingung di usia yang hampir 40 tahun ini saya masih mencari-cari jenis pekerjaan yang cocok. Saya kadang juga ikutan bantu istri jualan via online. Apa yang harus saya lakukan, Pak? Mohon sarannya. Terima kasih atas bantuannya.

Wa’alaikumsalam wr wb

Hormat saya,

PR

Jawaban:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih Mas PR sudah berkenan berbagi dengan kita di sini. Sekilas permasalahan yang Anda utarakan hanya berhubungan dengan masalah pekerjaan. Namun sebenarnya ada hal penting lainnya yang mungkin Anda belum sadari saat ini, yaitu permasalahan jati diri. Anda bisa memulainya dengan mencoba melihat kembali ke dalam diri Anda. Ajukan pertanyaan-pertanyaan berikut ini kepada diri Anda. “Siapakah saya?”, “Apa kelebihan dan kekurangan saya?”, “Apa tujuan hidup saya?”, “Apa nilai-nilai hidup dalam diri saya?”,”Apa cita-cita saya?”, “Bagaimana karakter saya?”, “Mengapa saya dilahirkan ke dunia?”, “Apa peran saya bagi kehidupan?”, “Bagaimana hubungan saya dengan Tuhan?”, dan pertanyaan lain yang sejenis. Tentu bukan dalam waktu singkat Anda untuk menjawab itu semua. Namun Anda bisa segera memulainya dari yang hal yang menurut Anda paling mudah. Ini mungkin bisa dikatakan sebagai PR Anda yang harus dijawab terus menerus.

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu nantinya bisa mengarahkan Anda untuk memilih pekerjaan apa yang sesuai dengan diri Anda. Sebuah pekerjaan yang benar-benar Anda nikmati dan Anda inginkan sehingga bisa mengantarkan Anda untuk memenuhi tujuan hidup Anda juga memenuhi nilai-nilai dalam diri Anda. Setiap orang memiliki nilai-nilai pribadi yang dianutnya. Misalnya nilai sosial, orang ini cenderung untuk berbagi dan peduli dengan orang lain. Nilai ekonomi, akan mempengaruhi orang ini untuk membuat perhitungan-perhitungan matematis dalam semua hal. Nilai psikologis, orang ini cenderung mengupayakan hal-hal yang membuat nyaman di hati dan mengejar harmoni dalam diri. Nilai religius dan spiritual, akan membuat orang ini mengarahkan diri dan kegiatannya dalam hal agama dan kedekatan dengan Tuhan serta menebarkan cinta kasih ke semua makhluk Tuhan. Nilai-nilai dalam diri kita tidak tunggal dan cenderung memiliki semua, namun ada satu nilai yang dominan. Nah, nilai itulah yang menjadi nilai utama kita dan akan mengarahkan kegiatan kita termasuk pekerjaan yang dipilih.

Orang yang sudah mengenal jati dirinya akan menjalani semua episode kehidupannya dengan tenang. Baik episode kebahagiaan ataupun kesusahan. Ketika punya masalah maka akan dinikmati dan akan dicari solusi. Masalah tidak akan dihindari atau ditekan. Masalah dianggapnya sebagai suatu batu pijakan untuk perbaikan dalam dirinya. Ketika punya kebahagiaan akan bersyukur dan memahami bahwa kebahagiaannya bukan hanya miliknya maka ia akan bagi kebahagiaannya kepada orang lain sebagai bentuk syukur kepada Tuhan yang telah memberikan anugerahnya.

Mas PR…selamat menemukan diri Anda yang sejati. Tidak perlu bernafsu untuk menemukannya. Jalani saja setiap episode dalam hidup Anda sebagai sarana untuk lebih mengenal diri Anda sehingga nantinya Anda akan benar-benar bertemu dengan JATI DIRI Anda.

Mungkin itu sekilas yang bisa saya sampaikan tentang jati diri, Mas…Mudah-mudahan ada manfaatnya.

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam hormat
Dr. Muhammad Fakhrurrozi, M. Psi, Psi
-------------------------------------------------------------------------------

Jadwal Praktek Konsultasi:
Tiap Rabu, 10.00 – 14.00 (atau dengan perjanjian terlebih dahulu)
Alamat: Jl. Damai III No. 57 Pejaten Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan