Majelis Ta’lim Ar Ridho Buleleng

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
Majelis Ta’lim Ar Ridho Buleleng

Profil
Berkembangnya zaman sangat berpengaruh dalam kegiatan dakwah, khususnya yang ada di Indonesia. Semakin maju suatu zaman maka seharusnya semakin maju pula kegiatan dakwah, agar umat Islam di Indonesia tidak terperangkap dalam aliran radikal.26 Maka dengan majunya kegiatan dakwah di Indonesia bahkan di pulau yang terkenal dengan agama Islam sebagai agama minoritas (Bali), sangat dibutuhkan subuah wadah untuk pengajaran ajaran agama Islam di Indonesia, tidak terkecuali di pulau Bali. Mengingat Islam sebagai agama minoritas, namun cukup berkembang di Bali dengan banyaknya bangunan masjid yang ada di pulau Bali.

Begitu juga di Seririt Buleleng, di kota ini banyak masyarakat yang menganut agama Islam, kebanyakan penduduk yang beragama Islam adalah pendatang dari pulau seberang. Kebanyakan pendatang berasal dari pulau Jawa, ada yang datang karena pekerjaan dan ada pula yang datang ke Seririt karena nenek moyang mereka dulu adalah orang Bali.

Tak semua para pendatang yang datang dari pulau Jawa memahami tentang ajaran Islam, walau pun agama mereka adalah agama Islam. Akibatnya tak semua masyarakat Islam yang berada di Seririt memahami ajaran Islam, baik masyarakat yang baru memeluk agama Islam (mualaf) atau pun yang sudah lama memeluk agama Islam.

Solusi untuk masalah di atas adalah dengan berdirinya majelis ta’lim Ar Ridho di Seririt Buleleng Bali, yang didirikan oleh Ust. Ubaidullah Fadhil. Majelis ta’lim Ar Ridho adalah lembaga masyarakat yang memberikan pengajaran tentang agama Islam secara nonformal khusus di wilayah Seririt Buleleng Bali. Berdiri pada tanggal 19 Oktober 1990 M, di Masjid Taufiq Minallah.

Selang satu tahun berlangsungnya pengajian ibu-ibu di Masjid Taufiq Minallah. Tepatnya ditahun 1989, Ust.Ubaid diminta untuk mengisi pengajian ibu-ibu di Masjid Raya Seririt. Waktu pengajian pun berbeda dengan pengajian ibu-ibu yang di masjid Taufiq Minallah, yaitu setiap Selasa sore setelah shalat Ashar. Materi yang dibahas di Masjid Raya Seririt tidak jauh berbeda dengan apa yang dibahas di Masjid Taufiq Minallah yaitu, Tafsir Al-Qur’an, Hadist. Hanya saja di Masjid Raya Seririt tidak ada pembahasan tematik. Anggotanya pun berbeda dengan anggota yang di masjid Taufiq Minallah, karena anggotanya penduduk sekitar masjid Raya Seririt..

Melihat kondisi umat Islam yang berkelompok-kelompok dan mengingat bahwa Islam adalah agama minoritas di Seririt, akhirnya Ust. Ubaid mengusulkan agar dua pengajian ini untuk digabungkan menjadi satu. Awalnya memang banyak pertentangan dari anggota- anggota dua pengajian tersebut, namun setelah beberapa kali pertemuan dan diberi pemahaman oleh Ust. Ubaid tentang keadaan umat Islam di Seririt.

Mereka pun menyetujui bahwa dua pengajian tersebut digabungkan.Perlawanan yang ditampakkan ibu-ibu pengajian di masjid Raya dan masjid Taufiq Minallah terhadap usulan Ust. Ubaid tidak berpengaruh dalam kelangsungan pengajian di dua masjid tersebut. Tempat pengajian yang awalnya berada di dua masjid diganti menjadi berpindah-pindah dari rumah anggota yang satu ke rumah anggota yang lain (anjang sana). Waktu pengajian yang awalnya hari Kamis sore dan Selasa sore diganti menjadi setiap Jum’at sore. Materi yang dibahas pun sama dengan dibahas sebelumnya.

Program Majelis Ta’lim Ar Ridho
a. Pengajian Sore di Hari Jum’at 
b. Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim
c. Zakat, Infaq, Shadaqah
d. Qurban

Pengasuh
Ust. Ubaidullah Fadhil.

Alamat
, Jl. Wibisana No.28 Seririt Buleleng, Bali