Panti Asuhan Al-Hasan Jombang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
Panti Asuhan Al-Hasan Jombang

Profil
Penelitian ini dilaksanakan di Panti Asuhan Al-Hasan Jombang. Panti Asuhan Al Hasan terletak di Desa Watugaluh, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur dan didirikan oleh KH. Ahmad Dhofir. Awal mula didirikan Panti Asuhan Al Hasan ini karena pada saat itu KH Ahmad Dhofir merasa prihatin dengan kondisi kereligiusan masyarakat desa tersebut yang kemudian beliau membuka tempat untuk mengajar mengaji bagi anak-anak di desa Watugaluh.

Santri-santri tersebut disebut santri ngawulo atau yang berarti belajartanpa dipungut biaya apapun dan tidak ada jangka waktu yang ditentukan. Karena santri di Panti Asuhan Al-Hasan semakin banyak,maka KH. Ahmad Dhofir menjadikan Panti asuhan menjadi sebuah lembaga sosial dan kemudian diberi nama Panti Asuhan Al-Hasan .

Pada tahun 2003 KH. Ahmad Dofir meninggal dunia tanpa adanya sakit, ketika itu beliau berangkat untuk melaksanakan sholat jum’at dan setelah selesai berdo’a beliau meninggal dunia. Pada saat itu belum ada penerus dan yang dianggap bisa meneruskan kecuali Drs Miftakhul hinan yang saat itu umur beliau masih sangat muda dan hanya bekerja sebagai guru swasta.

Setelah di pindah tangankan kepada Drs. Miftahul Hinan,Panti Asuhan Al-Hasan semakin berkembang pesat yang kemudian dinobatkan menjadi Panti Asuhan terbaik ke dua se-Jawa Timur dilihat dari kategori kemandiriannya ,Panti Asuhan ini tidak pernah meminta bantuan dijalan-jalan namun membangun kerjasama dengan orang-orang dermawan dan perusahan-perusahaan tertentu seperti PT Unilever Indonesia Tbk.

Pada tahun 2005 Panti Asuhan Al-Hasan semakin maju dan diminta untuk mewakili kabupaten jombang dalam perlombaan Panti Asuhan seJawa Timur yang mana Panti Asuhan Al-Hasan mendapatkan juara dua juga mendapat hadiah sebesar 4 (empat ) juta rupiah, karena dianggap Panti Asuhan yang bagus yang menerapkan sistem sistem ekosistem seperti ekosistem tanam,panen, pelihara hewan, mengelola limbah, dan mengelola kotorannya.

Kemudian dana yang didapat dari lomba dijadikan modal untuk membuat gedung, tidak hanya menampung anak yatim piatu Panti Asuhan Al Hasan juga menampung anak-anak terlantar ,baik dari proses pembuangan anak, dan hasil dari hubungan sedarah (inses). Panti Asuhan Al-hasan juga memiliki anak asuh yang berdomisili di rumahnya namun tetap dalam tanggung jawab pihak Panti Asuhan.

Mereka juga diharuskan setiap kali ada acara ataupun kunjungan tamu berada di Panti Asuhan, selain itu, Panti Asuhan Al-Hasan membantu para lansia dan janda yang tidak mampu namun mereka berdomisili di rumah masing-masing.setiap satu bulan sekali Panti Asuhan mendatangkan para lansia dan janda untuk mengikuti acara sholat dan dzikir bersama, cek kesehatan gratis, dan bagi sembako gratis yang juga diikuti oleh seluruh penghuni panti.

Pengasuh
1. KH. Ahmad Dhofir
2. Drs. Miftahul Hinan

Fasilitas

Fasilitas di Panti Asuhan Al-Hasan adalah sebagi berikut :
( 1) Kantor
(2) ruang tamu
(3) ruang UKS
(4) kamar yang disesuaikan umur dan perkembangan anak antara bayi, batita, balita, remaja, dan dewasa
(5) aula
(6) halaman play ground
(7) mushollah
(8) tempat wudlu
(9 ) ruang TV
(10) dapur
(11) ruang makan
(12 ) ruang pengelolaan bio gas
(13) halaman peternakan
(14) halaman perkebunan
(15) toilet.

 



Alamat

Desa Watugaluh, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

Alamat