Pesantren Life Skill Daarun Najaah Semarang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP0
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Life Skill Daarun Najaah Semarang

Profil

Di tengah kota metropolitan seperti Semarang, pondok pesantren masih mampu berdiri dengan kokoh dan gagah. Salah satu pondok pesantren yang tumbuh dan berkembang di pinggriran kota yang lambat laun menjadi kota metropolitan itu salah satunya Pondok Pesantren Life Skill Daarun Najaah di Jalan Bukit Beringin Lestari Barat Kav C 131, C 754, dan C 755 Wonosari Ngaliyan.

Cikal bakal berdirinya pesantren ini sebenarnya telah berdiri pondok pesantren dengan nama Daarun Najaah saja yang ada di Jalan Stasiun No 275 Jerakah, Tugu pada 28 Agustus 2001 oleh KH. Ahmad Izzuddin, menantu KH. Sirodj Chudlori. Izzuddin kala itu membadali (mengganti) pengajian kitab tafsir Jalalain setiap habis shalat Isya ketika KH Sirodj Chudlori berangkat haji awal 2000 yang diikuti remaja putra putri di sekitar Jerakah.

Kegiatan mengaji kitab Tafsir Jalalain yang sudah menjadi rutinitas yang diistiqamahkan pada akhirnya menggugah niat para remaja kampung tersebut untuk mondok (menetap) di ndalem (rumah) KH. Sirodj Chudlori yang kebetulan saat itu beliau memiliki dua rumah bersebelahan. Atas hasil ijtihad Izzuddin, awalnya pondok tersebut diberi nama Sirajul Hannan. Namun kemudian diganti dengan nama Daarun Najaah yang resmi berdiri pada 2001 dengan menerapkan metode life skill yang masih jarang diterapkan oleh pesantren pada umumnya.

Jumlah santri pun berkembang pesat. Izzuddin pun melebarkan pesantrennya dengan membeli rumah di Perumahan Beringin Lestari dan resmi mendirikan Pondok Pesantren Life Skill Daarun Najaah.

Tak hanya kajian kitab-kitab kuning klasik tradisional, namun kegiatan lain seperti adanya Koperasi Aliyya Himmah, Jaringan Spiritual Daarun Najaah, program bahasa seperti Daarun Najaah Arabic Club (DAC) dan Daarun Najaah English Club (DEC), komputerisasi, Rebana Al-Hanaana Grup untuk putra, dan Al-Zahiida Grup untuk putri, serta penerbitan Buletin An Najwa dan Al Mahboeb Football Club menjadikan para santri tersalurkan bakat dan minatnya.

Apalagi, sebagai salah satu ahli falak ternama, pesantren ini memiliki fokus kajian pembelajaran dan pendalaman Ilmu Falak. Karena, Izzuddin juga dikenal sebagai Ketua Asosiasi Dosen Ilmu Falak Indonesia (ADFI), sekaligus dosen ilmu falak Fakultas Syariah UIN Walisongo, koordinator Diklat Lajnah Falakiyah PBNU Jawa Tengah serta anggota Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama RI.

”Jadi selain mengaji kitab Nashaihul Ibad, Minhajul Qowim, Wasiatul Musthofa, Ta’limul Muta’alim, dan Ibnu ‘Aqil, para santri juga mengaji beberapa kitab falak, seperti Sulamun Nayyirain, Tibyanul Miiqat, Miizanul I’tidal, Addarun Aniiq. Kita juga mengajak santri praktek langsung menggunakan peralatan astronomi,” tutur Izzuddin.

Tak sedikit pula santri, maupun mahasiswa dari Aceh hingga Papua belajar khusus ilmu falak di pesantren ini. Dari 130 mahasiswa yang kini “nyantri”, juga berasal dari Aceh hingga Makassar. Beberapa pesantren yang berkunjung untuk mempelajari khusus ilmu falak itu diantaranya dari Buntet Cirebon, kemudian ahli falakh dari Bandung KH. Maslukh, santri An Nuqoyah Sumenep Madura, santri dari Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, serta beberapa pesantren yang ada di Jawa Tengah.

Pendiri
KH. Ahmad Izzuddin
Pengasuh
1. KH. Sirodj Chudlori
2. KH. Dr. Ahmad Izzuddin, M.Ag
3. Hj. Aisah Andayani 

Pendidikan

Pendidikan Non formal
1. Tahfidzul Al Qur'an
2. Madrasah Diniyah
3. Kajian Kitab Kuning

Ekstrakurikuler
Pesantren Life Skill Daarun Najaah memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:
1. Tahfidzul Al-Qur'an
2. Pengajian Kitab Kuning
3. Rebana
4. Tilawah
5. Jurnalistik
6. Hidroponik
7. Bahasa Arab
8. Bahasa Inggris
9. desain Grafis
10. Kewirausahaan
11. Pemograman Falak


Al-Barjanzi di pesantren Life Skill Daarun Najaah


Mutholaah Kitab di pesantren Life Skill Daarun Najaah


Fasilitas

Pesantren Life Skill Daarun Najaah memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gudang
4. Rumah Pengasuh
5. Perpustakaan
6. MCK/WC
7. Ruang tamu
8. Kopontren
9. Dapur
10. Aula
11. Minimarket
12. Perkebunan Hidroponik


Gedung pesantren di pesantren Life Skill Daarun Najaah


Minimarket di pesantren Life Skill Daarun Najaah


Alamat

Jalan Bukit Beringin Lestari Barat Kav C 131, C 754, dan C 755 Wonosari Nyaliyan, Semarang, Jawa Tengah
Kode Pos: 50244
Telepon:(024) 866-4881, 0812-2828-471

Untuk Keterangan dan Informasi Pendaftaran silahkan hubungi : Pesantren Life Skill Dararun Najaah



Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

KUNJUNGI JUGA

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.