TKIT Umar bin Khathab Kudus

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
TKIT Umar bin Khathab Kudus

Profil

TKIT Umar bin Khathab berdiri pada bulan Juli 1999 dibawah naungan Lembaga Sosial Al Fath.Pendirian TKIT Umar bin Khathab Kudus berlatar belakang rasa kebutuhan terhadap suatu model pendidikan yang lebih kompleks dari sekedar pendidikan formal yang saat ini telah banyak di Kabupaten Kudus.

Fenomena lain yang menjadi pertimbangan adalah banyaknya wanita yang memasuki dunia kerja, sehingga praktis waktu pagi hingga sore hari mereka tidak dapat menyertai anak-anak pra sekolah di rumahnya. Anak-anak tersebut kemudian ditemani pembantu serta televisi yang kurang bersahabat dengan proses pendidikan anak.

Apalagi televisi justru memberi dampak negatif bagi pendidikan anak.Dengan latar belakang itulah Lembaga Sosial dan Pendidikan (LSP) Al Fath bertekad mendirikan sebuah lembaga pendidikan pra sekolah yang diketuai oleh Setia Budi Wibowo, S.Ag dibantu oleh beberapa pengurus lainya serta sukarelawan dari berbagai latar belakang pendidikan.

Dalam pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar, TKIT Umar bin Khathab menempati sekretariat LSP Al Fath di Jalan KH. A. Dahlan No.1 Kudus. Jumlah siswa pada awal didirikan adalah 19 siswa, terdiri dari 11 putri dan 8 putra. TKIT Umar bin khathab dikepalai oleh Aisiah Rachmawati, Psi.Pada perjalanannya setiap tahun peminat TKIT Umar bin Khathab Kudus semakin meningkat, sehingga ditahun ke III dan ke IV lokasi yang ada tidak mampu menampung penambahan siswa.

Dengan demikian mendorong pihak sekolah untuk mencari alternatif penambahan lokasi, akhirnya mendapat pinjaman tempat dari Ibu Hj. Thoriq Falech di Desa Glantengan Gang Gotong Royong No. 130 untuk kegiatan belajar mengajar. Memasuki tahun ke VI, salah satu tempat pinjaman akan digunakan pemiliknya, sehingga TKIT Umar bin Khathab Kudus berpindah tempat dengan menyewa bekas pabrik kopi di Desa Demaan Jalan Pangeran Puger Kudus No. 33 Kudus sampai sekarang.

Secara lebih tepat TKIT Umar bin Khathab terletak disebelah timur SMK Taman Siswa. Dari arah perempatan PPRK berjarak kurang lebih 300 meter arah barat. Dari arah selatan berjarak kurang lebih 300 meter dari Dealer Suzuki Wakhid Motor.Kuantitas siswa yang begitu besar tidak menyurutkan efektifitas pembelajaran, diantaranya masing-masing kelas yang berkapasitas 10 anak  dibimbing dan difasilitasi seorang guru.

Dengan demikian perhatian dan pembinaan guru akan lebih dekat dengan siswa.Pada tiap-tiap kelas tersedia media pembelajaran sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar sehingga setiap siswa dapat memanfaatkan secara bersama tanpa harus bergantian. Kondisi tersebut menuntut guru untuk mengoptimalkan media yang tersedia dan mengajak siswa mengalami langsung tentang tema yang disampaikan.

Pengasuh

  1. Setia Budi Wibowo, S.Ag
  2. Aisiah Rachmawati, Psi.
  3. Arie Widiana Ristiani

Kurikulum 

TK ini melayani pengajaran jenjang pendidikan anak usia dini dengan kurikulum yang berstandar. Adapun pelajaran yang diberikan yaitu pendidikan agama, behitung, membaca, menulis, seni, bahasa inggris, hingga bersosialisasi. Pengajaran dimulai dari pagi hingga siang dengan selingan waktu bermain dan istirahan bagi anak.

Alamat

Jalan Salamah 1, Purwosari, Kota Kudus, Bakalan, Kajeksan, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah

Kode Pos: 59316

Telepon: (0291) 438551