Pesantren Mahasiswa Universal Bandung

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP0
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Mahasiswa Universal Bandung
PROFIL
 
Pondok Pesantren Mahasiswa Universal (PPMU) atau lebih dikenal dengan sebutan Ma’had Universal, adalah salah satu pondok pesantren  modern yang terletak di kota Bandung. Tepatnya di jalan desa Cipadung, kecamatan Cibiru, kota Bandung yang letaknya langsung bersebrangan dengan MAN 2 Bandung. Selain itu  Pondok ini menempati lokasi yang cukup strategis bagi kaum pelajar ataupun mahasiswa, karena letak pondok ini dekat sekali dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung.

Sejarah

Sebelum didirikan dan diresmikan sebagai pondok pesantren, nama Pondok Pesantren Mahasiswa Universal (PPMU) atau lebih dikenal dengan sebutan Ma’had Universal ini adalah Area Net Work Institut yang dibentuk pada tahun 2006 oleh Dr. H. Tatang Astarudin, S.Ag., S.H., M.Si. semasa menjadi mahasiswa di UIN Bandung.

 Area network Institut ini adalah sebuah lembaga dimana seluruh para aktifis mahasiswa UIN Bandung yang mengikuti berbagai macam ormas islam seperti HMI, PMII, IMM, KAMI, dan hima Persis untuk kegiatan berdiskusi dan  berbagai macam pelatihan baik politik maupun pelatihan kepemimpinan.

 Awal mula didirikan menjadi sebuah pesantren adalah amanat dan prakarsa dari ayahanda beliau R.H. Soheh SukartaWirya, yang mana beliau adalah Salah seorang veteran pada zaman reformasi sekaligus pendiri yayasan pendidikan Suwargi Buwana Djati, Cirebon. Kemudian dari amanat itulah
Dr. H. Tatang Astarudin, S.Ag., S.H., M.Si. membangun Pondok Pesantren Mahasiswa Universal (PPMU) yang dibangun pada tahun 2009 dan diresmikan setahun setelahnya.

Nama Universal untuk pesantren ini diambil dari asal muasalnya tempat ini digunakan yaitu tempat seluruh kegiatan aktifis mahasiswa yang tergabung dalam berbagai macam ormas islam yang bersifat universal dan yang memiliki spirit  inklusif, empatik, dan toleran. Hingga saat ini Ma’had Universal menjadi pesantren modern yang di naungi oleh yayasan pendidikan Suwargi Buwana Djati,Cirebon.

Namun meski termasuk ke dalam kategori pesantren modern, Ma’had Universal ini tidak meninggalkan tradisi pesantren salafi seperti masih diberlakukannya sistim mengkaji kitab klasik dengan cara sorogan dan balagan. Hal tersebut dikarnakan latar belakang pendidikan agama pendiri sekaligus pengasuh PPMU ini adalah berasal dari pesantren salafi.

Pendiri dan Pengasuh
Dr. H. Tatang Astarudin, S.Ag., S.H., M.Si.

PENDIDIKAN

Madrasah Diniyah
Terkait dengan hal itu, di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal menggunakan tiga model metode pembelajaran: yaitu sorogan, klasikal, dan kuliah umum/ceramah.
  1. Metode sorogan, adalah model pembelajaran yang hampir sama dengan mentoring system, santri diajak memahami kandungan kitab secara perlahan-lahan secara detail dengan mengikuti pikiran dan konsep-konsep yang termuat dalam kitab, kata demi kata, dibimbing oleh kyai/ustadz atau santri senior.
  2. Metode klasikal, yaitu proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas. Metode ini juga digunakan sebagai sarana diskusi atau musyawarah antara santri. Ustadz berperan sebagai pemandu atau fasilitator dalam proses diskusi atau musyawarah.
  3. Metode kuliah umum, sistem pembelajaran model ini berupa pengajian umum yang dipandu oleh ustadz/pengasuh pondok pesantren atau narasumber dari luar pondok pesantren.
Selain itu, setiap sehabis waktu sahalat Magrib, Isya, dan Subuh santri diharuskan mengikuti kegiatan belajar agama di majlis . Pelajaran yang dikaji mulai dari kitab kuning klasik diantaranya mustholah hadits, Jurumiyah, Riyadus Sholihin, syirahul Nabawiyah, Bulughul Maram, Ta’limul Muta’alim,Tafsir Jalalain, dan Fathul Qorib. Selain pengkajian beberapa kitab klasik tersebut, santri pun di ajarkan bahasa asing diantaranya Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Bahasa Arab,dan Bahasa Turki.

 

EKSTRAKURIKULER

Pesantren Mahasiswa Universal memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:
1. Tahfidzul Al Qur'an
2. Kajian Kitab
3. Pidato
4. Hadrah/Marawis
5. Ziarah
6. Olahraga: Futsal, Senam, Voli, Tenis meja, Bulutangkis, Catur
7. Bahasa Arab
8. Bahasa Turki
9. Bahasa Jepang
10. Bahasa Inggris
11. Grup Nasyid
12. Silat
13. Multimedia
14. Seni Tari
15. Teater
16. Latihan Membuat Kaligrafi

 

 

Kajian kitab kuning di pesantren Mahasiswa Universal Bandung

 
Pelatihan komputer di pesantren Mahasiswa Universal Bandung

 
FASILITAS

Pesantren Mahasiswa Universal memiliki fasilitas meliputi:
1. Gedung Pesantren
2. Asrama
3. Kantor
4. Perpustakaan
5. Aula
6. Dapur
7. Kamar Mandi/WC
8. Lapangan  
9. Kamar untuk tamu
10. Mitra Usaha Mandiri yang berupa percetakan dan fotocopy
11. Majlis Ta’lim
12. Koperasi Syariah
13. Kantin
14. Televisi
15. Jaringan Wifi Gratis


Gedung Lab. Bahasa di pesantren Mahasiswa Universal Bandung

Gedung pesantren di pesantren Mahasiswa Universal Bandung
 
ALAMAT 
 
 Jl. Kel. Cipadung No.1, RT 03/RW 08, Kota Bandung, Jawa Barat
Kode Pos         :  40614
Telepon            : (022) 7831132, 7831132, 7813068
Fax                   : (022)7812707
Email                : pesantrenuniversal@gmail.com,

Untuk informasi lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi melalui Website ini:      Pesantren Mahasiswa Universal
 
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id
 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.