Pesantren Manba’ul Ulum Lampung Selatan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Manba’ul Ulum Lampung Selatan

Profil
Pesantren Manba’ul Ulum berdiri pada tahun 1991 yang didirikan oleh KH. Nur Muhamad di desa Gayau Sakti. Beliau mulai merintis dari kegiatan anak-anak yang mengarah kepada pendidikan. Dari hari kehari bulan kebulan dilalui Alhamdulillah hampir 85%  anak anak yang ada dilingkungan sudah bisa di tata untuk di arahkan kependidikan agama islam.

Pada bulan oktober 1999 terjadilah keputusan yang berisi untuk mengembangkan pendidikan agama dalam wadah pondok pesantren, Dari hasil musyawarah sebagian tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat yang di hadiri 8 orang di kediaman Bp. Hasbi. yaitu : Nur Muhammad, M.Hasbi, Amin Makmun, Hasbullah, Maksum, Nur Huda, Abdul Malik, Sodiq Masduki sekaligus pembentukan panitia (sebagai panitia pendiri Manba’ul Ulum) memberanikan diri untuk membeli tanah Bp. Mahfudz yang berdomisili dilingkungan gayau sakti tepatnya di dusun V kampung Gayau Sakti seluas 7875M2.

Setelah tanah tersebut dinyatakan dibeli oleh panitia pendiri, maka kegiatan anak-anak langsung dipindahkan ke tempat yang baru dibeli tersebut, pada tanggal 09 Oktober 1999 yang sebelumnya bertempat di masjid al-jauhar Pada saat itu terdapat satu bangunan rumah yang berukuran 6 X 10 M yang di fungsikan sebagai bangunan multi guna diantaranya : Sebagai asrama putra, musholla, tempat pendidikan, aula, dll. pada tahun 2000 alhamdulillah dapat membangun mushollah pesantren,

Tepat pada tanggal 30-8-2003 yayasan pendidikan ini diakui oleh badan hukum (akte notaries) dengan nama Manba’ul Ulum yang diambil dari 2 nama pesantren: MANBA’UL diambil dari Pon Pes METRO dan ULUM di ambil dari Pon Pes Banyuwangi, yang telah menghantarkan sosok Nur Muhammad menjadi orang yang tahu ilmu agama dengan struktur :

Alhamdulillah pada tahun 2003 dapat membangun asrama putri yang permanent seluas 7X12M2, di lanjutkan tahun 2004 membangun asrama putra permanent seluas 8X14 M2 sekaligus dapat membangun local belajar yang permanent seluas 8X40M2 Pada tahun 2006 dapat menambah lokasi sawah seluas 10000M2 berkah Zikir Akbar Manaqib Syeh Abdul Qodir Jaelani yang dipimpin oleh KH. MUZAKKI SYIEH dari jember jawa timur

Pada tahun 2007 menambah lokasi pesantren seluas 5000M2, sebagai lokasi pendidikan formal (SMP & SMA) dan Pada tahun itu resmi dibuka pendidikan formalnya. Pada tahun 2009 dapat menambah lokasi perkebunan karet seluas 7500M2 yang terletak sebelah timur dari lokasi pesantren, dari berkah pengajian yang di hadiri KH. Abdurrohim (Joko Goro Goro) dari demak, sekaligus membangun asrama putri tingkat dua berukuran 8X35M2. Pada tahun 2010 dapat menambah lokasi pula seluas 5000M2 berbentuk ladang dari berkah pengajian akbar Yang dihadiri Hi. M Syakirun (Qirun) dari madiun jawa timur, pada tahun 2010 ini sedang menambah bangunan gedung pendidikan formal seluas 9X28M2.
Pengasuh
KH. Nur Muhamad

Pendidikan
Pendidikan Formal
1. SMP
2. SMA
Pendidikan Non formal
1. Tahfidzul Qur'an
2. Madrasah Diniyah
3. Kajian Kitab Kuning.

Ekstrakurikuler
Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:
1. Tahfidzul Al-Qur'an
2. Pengajian Kitab Kuning
3. Seni Hadrah/Marawis
4. Paduan Suara
5.Seni Musik
6.Khitobah
7.Kursus Kaligrafi
8. Kursus Komputer
9. Pramuka
10. English Club
11. Marching band
12. Wirausaha: Belajar Komputer, Teknik Komputer, Perikanan, Pertanian, Peternakan.

 


Para Santri sedang Ujian Haflah Al Qur'an


Santri Pesantren Manba’ul Ulum Lampung Tengah sedang unjuk diri Marching band

Fasilitas
Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Gudang
5. Perpustakaan
6. MCK/WC
7. Ruang tamu
8. Kopontren
9. Dapur
10. Aula
11. Lapangan
12. Kantor
13. Posko Kesehatan 
14. Lahan Perkebunan
15. Lahan Perikanan (Kolam Ikan)
16. Lahan Peternakan Sapi dan Kambing


Gedung Sekolah


Gedung Sekolah

Alamat
Jalan Pesantren No. 04, Desa Gayau Sakti, Kec. Seputih Agung, Kab. Lampung Tengah Prov. Lampung
Kode Pos:  34387


Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.