Pesantren Al Hidayat Lasem

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al Hidayat Lasem

Profil
Pondok ini terletak di Desa Soditan, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, sekitar 370 meter dari pantai Laut Jawa. Bangunannya berukuran sekitar 50 x 7 meter dan terdiri dari dua lantai. Lantai pertama digunakan sebagai mushala dan tempat pengajian, sementara lantai dua, yang terbuat dari kayu, merupakan kamar santri. Meskipun bangunan ini cukup maju untuk ukuran zamannya, namun masih tegak berdiri hingga saat ini.

Sejarah
Pondok Pesantren Al Hidayat Lasem Rembang didirikan oleh ulama kharismatik, KH. Maksum, atau yang lebih dikenal sebagai Mbah Maksum, pada tahun 1334 H/1916 M. Mbah Maksum menghabiskan masa kecil hingga dewasanya menimba ilmu dari berbagai kyai, baik di Lasem maupun di tempat lain seperti Jepara, Kajen, Kudus, Sarang, Solo, Semarang, Jombang, Madura, hingga Makkah.

Setelah menikah dan memiliki 13 orang anak, Mbah Maksum memutuskan untuk mengikuti jejak keluarganya sebagai pedagang untuk menghidupi keluarganya. Namun, karena latar belakang intelektualnya, beliau juga mengajar ilmu agama kepada masyarakat sekitar, bahkan sambil berdagang.

Suatu ketika, Mbah Maksum bermimpi bertemu dengan Nabi Muhammad SAW dan diberi nasihat untuk meninggalkan perdagangan dan fokus pada kegiatan pengajaran, yang kemudian menjadi panggilan hidupnya setelah mimpi tersebut terulang beberapa kali. Dalam rentang waktu yang panjang, terjadi pertemuan antara Mbah Maksum dengan Nabi Muhammad SAW dalam mimpi.

Dalam satu riwayat, disebutkan bahwa Mbah Maksum bermimpi bertemu dengan Nabi Muhammad dan menerima pesan-pesan khusus. Hal ini juga ditegaskan oleh putrinya, Mbah Nyai Azizah Ma’soem, serta seorang santri waktu itu, Mbah Ridwan, yang mengatakan bahwa Mbah Maksum bermimpi bertemu dengan Nabi Muhammad dan dipanggil untuk mengajar.

Singkatnya, bangunan surau atau mushala beserta kolam untuk wudhu yang terletak di rumah KH. Masum Ahmad telah berdiri sejak tahun 1916 M. Awalnya, bangunan tersebut hanya berupa mushala kecil. Melalui mimpi-mimpi dan pesan-pesan yang diterimanya, serta dukungan lainnya, Mbah Maksum menjadi konsisten tinggal di Lasem dan mulai mendidik masyarakat secara intensif.

Dibawah pengaruhnya, pesantren yang dikelolanya berkembang pesat dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat. Rezeki pun mengalir lancar baginya, dan cita-citanya untuk mendirikan tujuh masjid juga tercapai.

Pendiri

  1. KH. Ma'shum Ahmad

Pengasuh

  1. KH. Ma'shum Ahmad
  2. Nyai Hj. Nuriyah
  3. KH. Ahmad Syakir Maksum
  4. KH. Zainuddin Maftuchin
  5. Nyai Hj. Azizah Ma'soem
  6. KH. Zaim Ahmad Ma'soem

Pendidikan Formal
1. MA Al Hidayat Lasem
​2. STAI Al Hidayat Lasem



Haflah Akhirussanah di Pesantren Al Hidayat Lasem

Ziarah Makam Masyayikh di Pesantren Al Hidayat Lasem

Fasilitas
1. Asrama Putra 9
2. Asrama Putri 19
3. Kamar Mandi 12
4. Gedung MA
5. Gedung Madin
6. Mushala
7. Aula
8. Koperasi
9. Lapangan Sepak Bola

Alamat
JL. Gambiran, Soditan, Lasem, Bayanan, Soditan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah 59271
Instagarm: alhidayatlasem
Facebook: Ponpes Al Hidayat Lasem

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

Kunjungi Juga

 

Relasi Pesantren Lainnya