Biografi KH. Zubair Dahlan Rembang

 
Biografi KH. Zubair Dahlan Rembang
Sumber Gambar: foto istimewa

1     Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga
1.3  Wafat

2     Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Pendidikan
2.2  Guru-Guru

3     Penerus
3.1  Murid-Murid 

4.    Perjalanan Hidup dan Dakwah 
4.1  Menjadi Pengasuh Pesantren 
4.2  Melawan Komunis 

5.    Karya-Karya
6.    Teladan
7.    Chart Silsilah Sanad
8.    Referensi

1. Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
KH. Zubair Dahlan lahir pada tahun 1323 H di Sarang. Beliau merupakan putra kedua dari KH. Dahlan Sarang. Kelahiran beliau bertepatan dengan mukimnya KH. Ahmad bin Syuaib di Makkah.

1.2 Riwayat Keluarga
KH. Zubair Dahlan menikah pada usia 24 tahun, beliau menikahi Nyai Mahmudah binti KH. Ahmad bin Syu’aib. Dari pernikahannya, beliau dikaruniai lima laki-laki dan perempuan, semua meninggal dunia di usia balita kecuali satu yaitu KH. Maimoen Zubair.

Nyai Mahmudah meninggal dunia pada bulan Jumadil Akhir tahun 1358 H. Kemudian KH. Zubair Dahlan menikah yang kedua kalinya dengan Nyai Aisyah binti Abdul Hadi dari keluarga Burno. Beliau dikaruniai lima putri dan satu putra yakni:
1. Nyai Halimah,
2. Nyai Sai'dah,
3. Nyai 'Afifah,
4. Nyai Sholihah,
5. Nyai Salamah,
6. Kyai Ma'ruf Zubair.

1.3 Wafat
Sebagai tokoh masyarakat, beliau selalu hidup bersahaja. Pada 1969, memasuki bulan Syaban, KH. Zubair masih bisa memimpin pembacaan kitab Ihya’ Ulumuddin juz empat. Beberapa waktu kemudian, bulan suci Ramadhan pun tiba. Beliau meneruskan tradisi membaca kitab-kitab yang sudah menjadi kebiasaannya, seperti tafsir Al-Qur'an Al-Jalalain.

Tiba-tiba, beliau sempat terkena sakit demam pada bulan tersebut. Lama kelamaan, penyakitnya kian parah hingga ajal pun menjemputnya. KH. Zubair berpulang ke rahmatullah pada malam Selasa usai shalat Haghrib tanggal 15 Ramadhan 1389 H/25 November 1969 M (jika dikonversikan)

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

2.1 Pendidikan
Sejak kecil KH. Zubair Dahlan telah tampak kecerdasannya dan sangat disayang kakek dan keluarganya. Beliau tumbuh dan berkembang pada asuhan kakeknya serta belajar bermacam-macam ilmu agama pada ayahnya KH. Dahlan.

Beliau belajar Al-Qur’an serta ilmu dasar pelajaran agama pada kakeknya KH. Syu'aib. Beliau telah fashih membaca Al-Qur’an beserta tajwid-tajwidnya pada umur 6 tahun. Kemudian mengaji Khulashoh Ibnu Malik yang terkenal dengan Alfiyah dan Ilmu Gramer Arabikya, belajar taqrib mulai awal sampai akhir pada pamannya KH. Ahmad bin Syu’aib.

Kemudian, beliau mengaji kitab fathul wahab karangan Syekh Zakariya Al-Anshori pada KH. Fatkhurrahman kecuali sekelumit dari kitab ini. Sekitar umur 17 tahun beliau bersama kakek serta neneknya KH. Syuaib pergi ke Makkah. Dan beliau mukim di sana selama tiga tahun bersama pamannya KH. Imam Kholil.

Ketika di Makkah beliau belajar kepada Syaikh Ibnu Maya’ba As-Sanqithi, beliau mengaji Hadis dengan KH. Baqir Al-Jogjawi, beliau mengaji kitab Tafsir Jalalain, Sarah Imam Mahally Fan Fiqh mulai permulaan sampai khatam dan yang lain.

- Syaikh Sa’id Al-Yamani, beliau termasuk santri terakhir yang mengaji pada Syaih Sa’id (Taghommadahullahu birohmatihi wa ridwanih).
- Syaikh Al-Alamah Hasan Al-Yamani putra Syaikh Sa’id Al-Yamani mengaji kitab tasrif Al-Azizi, sarah Al-Kafrawi, sarah matan Al-Jurumiyyah, juga kitab yang lain lebih-lebih kitab ilmu arab.

Syekh Hasan sangat bersungguh-sungguh mendidik dan mengajar beliau sampai meneliti tulisan-tulisan beliau dan membenarkan dengan tangannya sendiri yang mulia, pada awal beliau mengaji pada Syaikh Hasan beliau di suruh untuk meng’i’rob  مررت بزيد dan ضرب زيد عمرا beliau berkata مررت fi’lu madhin mabniyun ala sukun, Atta’u dhomirun mabniyun ala dlom …. Sampai akhir.

Syaikh Hasan berkata “kamu Termasuk ahli Kuffah padahal ahli kuffah tidak mencukupi, tinggalkan apa yang di pegang oleh ahli kuffah sebab mereka lebih mementingkan darah nyamuk sedangkan mereka mengabaikan darah Husain”. Sejak itu beliau di juluki gurunya Zubair kuffi.

Kemudian bersama pamannya KH. Imam Kholil pulang ke Jawa dan seterusnya beliau meneruskan belajar ilmu-ilmu agama pada Syekh Al-Alamah KH. Faqih bin Abdul Jabar Maskumambang beliau mengaji kitab tafsir, Jam’ul Jawami’, Sarah Umul Barohin masalah aqidah mulai awwal sampai hatam dan kitab yang lainnya.

Beliau sekaligus di beri ijazah sebagaimana halnya orang-orang ahli ijazah. Lebih-lebih isi yang terkandung dalam kitab Kifayatul Mustafid lima ‘Ala Minal Asanid karangan Syekh Muhammad Mahfudz Bin Abdullah Tremas.

Pada tahun 1371 H ketika beliau naik haji beserta rombongan ke tanah Makkah Madinah, di sana beliau bertemu yang mulia para ulama yang alim, di antaranya fadilatul ‘alamah yang mengajar di tanah Makkah dan pengajar di Masjidil Haram yang mulia Aayyid Alawy bin Abbas Al-Maliki beliau mengaji di naungan Majlis Taklim di Makkah tempatnya di Babissalam, apa yang di ajarkan Sayyid Alawy yakni masalah yang berhubungan dengan manasik haji dan umroh.

Beliau heran dengan indahnya redaksi dan fashohah yang bisa menjelaskan dalam penerapan pengajaran sayyid Alawi sampai mengecap dan membekas di hati beliau yang sangat dalam sebab keindahannya. Pada kesempatan yang mulia ini seperti yang di ceritakan pada saya, beliau memberi implikasi berbagai sebab lantaran bertemu dengan sayyid Alawi dan mengambil contoh pada sayyid di sela-sela waktu yang sangat singkat.

Begitu juga bertemu dan mengaji dengan Syaikh Yasin bin Isa Al-Fadani

2.2 Guru-Guru

  1. KH. Dahlan (ayah)
  2. KH. Syu'aib (kakek),
  3. KH. Ahmad bin Syu’aib (paman),
  4. KH. Fatkhurrahman,
  5. Syaikh Ibnu Maya’ba As-Sanqithi,
  6. KH. Baqir Al-Jogjawi,
  7. Syaikh Sa’id Al-Yamani,
  8. Syaikh Hasan Al-Yamani,
  9. KH. Faqih bin Abdul Jabar Maskumambang,
  10. Sayyid Alawy bin Abbas Al-Maliki,
  11. Syaikh Yasin bin Isa Al-Fadani.

3. Penerus

3.1 Murid-murid
Banyak santri Pondok Pesantren Sarang yang tersebar di Pulau Jawa, beberapa di antaranya menjadi ulama terkenal seperti:

  1. KH. Muslih bin Abdurrahman Al-Maraqi (Mranggen),
  2. KH. Ustman Al-Maraqi,
  3. KH. Muradi Al-Maraqi,
  4. KH. Hisyam Ismail,
  5. KH. Ridwan Bangilan,
  6. KH. Jauhari Jember,
  7. KH. Bisyri Al-Hafi Cepu.
  8. KH. Masyhudi Merakurak,
  9. KH. Manfuri Merakurak,
  10. Habib Sayyid Zaen Al-Jufri,
  11. KH. Abdul Fattah Sendang,
  12. KH. Shiddiq Sendang,
  13. KH. Muslih Tanggir,
  14. KH. Abdul Khaliq Laju,
  15. KH. Masyhudi Senori,
  16. KH. Kurdi Al-Makki,
  17. KH. Matin Mas’ud Cilacap,
  18. KH. Shiddiq Narukan,
  19. KH. Sahal Mahfudz Kajen,
  20. KH. Abdul Wahab Sulang,
  21. KH. Syahid Kemadu,
  22. KH. Dahlan Surabaya,
  23. KH. Ghazali Bojonegoro,
  24. KH. Fayyumi Siraj Kajen,
  25. KH. Tamam Siraj Pamotan.
  26. KH. Ibrahim Karas,
  27. KH. Humaidi Narukan,
  28. KH. Syifa Makam Agung,
  29. KH. Abdul Ghafur Senori,
  30. KH. Harun Kalitidu,
  31. KH. Masyhudi Madiun,
  32. KH. Mursyid Klaten,
  33. KH. Abu Thayyib Solo,
  34. KH. Hambali Demak,
  35. KH. Sholeh Kragan,
  36. KH. Masyhudi Blora,
  37. KH. Abdussalam Rengel,
  38. KH. Syaerozi Cirebon,
  39. KH. Izzudin Cirebon,
  40. KH. Nashiruddin Cirebon,
  41. KH. Idris Marzuqi (pengasuh Pesantren Lirboyo),
  42. KH. Islahudin Dukuhseti,
  43. KH. Muslim Mranggen,
  44. KH. Dimyathi Rais Kendal,
  45. Mbah Dim Ploso,
  46. KH. Nawawi Sidogiri,
  47. KH. Hasani Sidogiri,
  48. KH. Abdullah Rifa’i Kajen Pati,
  49. DR. KH. Achmad Sarkosi Subki,
  50. KH. M. Muhibbi Hamzawie,
  51. KH. Afif Zubaidi,
  52. KH. Imam Yahya Mahrus,
  53. KH. Abdurrahim bin Ahmad,
  54. KH. Abdul Alim Abdul Jalil Sidogiri,
  55. KH. M. Faqih Imam Sarang,
  56. KH. Muhammad Ridwan Sururi,
  57. KH. Ma’mun Muzayyin, dan lain-lain.

4. Perjalanan Hidup dan Dakwah

4.1 Menjadi Pengasuh Pesantren
Beliau mulai mengajar ketika berumur 23 tahun pada saat pulang dari mengaji pada KH. Faqih Maskumambang. Beliau ngajar di Pondok Pesantren Sarang

Adapun santri yang beliau ajar adalah santri mulai setingkat ibtida’ sampai ‘aliyah. Sedangkan kitab yang beliau jadi bahan pengajaran mulai kitab kecil seperti ‘Aqidatul ‘Awwam, matan Taqrib, matan Jurumiyah, Tasrif Al-‘Azri sampai kitab besar seperti Jam’ul Jawami’, syarah Imam Mahalli fan fiqh, fathul Wahhab, tafsir Imam Baidhowi dan sebagainya.

Waktunya digunakan untuk mengajar sampai akhir hayatnya. Setiap bulan Ramadhan beliau terbiasa mambaca tafsir Jalalain disamping membaca kitab yang lain yakni kitab Hadis, semisal Riyadhus Sholihin, Al-Adzkar An-Nawawiyyah, dan yang lain.

Pada waktu berumur enam puluhan beliau sangat suka membaca kitab-kitab Tashowwuf seperti Minhajul Abidin, Hikam, sejak itu beliau selalu mengajar kitab Ihya’ karanganImam Ghozali sampai akhir hayatnya.

4.2 Melawan Komunis
Pada 30 September 1965, pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) terjadi. Tidak hanya Ibu Kota, daerah-daerah pun dilanda situasi yang mencekam. Di beberapa provinsi, banyak tentara, kiai, dan santri yang dibunuh dengan kejam oleh gerombolan komunis.

Sebelum dihabisi, mereka bahkan disiksa dan dianiaya terlebih dahulu. Di Lubang Buaya, Jakarta, sejumlah jenderal Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengalami nasib nahas; mereka diculik lalu dieksekusi mati para pemberontak. Jenazah mereka dibuang begitu saja dalam sumur sempit.

Umat Islam tidak terima dengan kekejaman yang dilakukan PKI. Akhirnya, sebagian mereka melakukan tindakan memukul balik. Di antaranya bahkan memburu keberadaan para simpatisan PKI yang sudah berkhianat kepada Indonesia.

Dalam keadaan demikian, Kiai Zubair Dahlan di Rembang juga turut mengajak para aktivis Anshor dan Banser NU untuk membersihkan wilayah Sarang dari pengaruh PKI. Amirul Ulum dalam buku KH Zubair Dahlan: Kontribusi Kiai Sarang untuk Nusantara dan Dunia Islam, menjelaskan, ketika para pendukung PKI hendak dieksekusi mati di Sarang, Kiai Zubair Dahlan melarang keputusan tersebut.

Kiai Zubair mengusulkan agar mereka yang tertangkap cukup dipenjara saja. Jika masa penahanannya sudah selesai, mereka kemudian bisa dibebaskan. Harapannya, ada perasaan insaf yang tulus dari dalam diri mereka dan keturunannya agar tidak lagi mengikuti jejak komunis, seperti memusuhi kiai dan pesantren. KH Zubair juga berharap mereka bisa memeluk dan mengamalkan Islam secara benar.

5. Karya-Karya
Beliau mengarang kitab diantaranya adalah:
1. Manasik haji
​2. Nadzom Risalah Samarqodhiyyah yang diberi nama Qola’id Lu’lu’iyyah fi Tahdibi Ma’nal Isti’aroh 

6. Teladan
KH. Zubair Dahlan berbudi pekerti yang sempurna, mempunyai kepribadian yang mulia. Berpostur tubuh kurus, tidak tergolong jangkung. Berkulit sawo matang, berjenggot tipis. Berambut hitam, mulut dan dada yang luas. Tajam penglihatannya, berwibawa. Sangat cinta pada ahli ilmu, dan memuliakan mereka. Selalu berpegang teguh pada sunnatullah, dan jejak para ulama salaf. Sangat menghindar dari bid’ah, tidak takut akan cercaan dan celaan.

Beliau pernah berkata saat dekat dengan ajalnya “saya ingin tergolong orang yang beruntung di dunia dan akhirat, ingat manusia yang paling beruntung adalah seorang yang rizkinya mampu mencukupi anak-anaknya ketika meninggal, tergolong orang yang beriman, terus masuk surga.”

KH. Zubair juga merupakan bagian terpenting dari para kyai NU, khususnya wilayah Rembang dan Jawa Tengah. Beliau senantiasa setia dengan bangsanya. Menurut Ulum, sang kiai senantiasa menanamkan rasa cinta Tanah Air kepada keluarga dan murid-muridnya. Semangat “Hubbul wathan minal iman” tersebut kemudian diwarisi oleh putranya, KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen. 

7. Chart silsilah Sanad
Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Zubair Dahlan Rembang dapat dilihat DI SINIdan chart silsilah sanad murid beliau dapat dilihat DI SINI.

8. Referensi
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs:
ulamanusantaracenter.com
Republika.id


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 03 September 2022, dan kembali diedit dengan penyelarasan bahasa pada tanggal 26 Maret 2024.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya