Program Santunan Rutin Bulan Ramadhan, Ketua Ranting NU Sidorejo: KBNU, Insya Allah Dapat Keberkahan

 
Program Santunan Rutin Bulan Ramadhan, Ketua Ranting NU Sidorejo: KBNU, Insya Allah Dapat Keberkahan

Panitia mendatangi rumah warga menyalurkan bantuan santunan yatim piatu (foto: Rahman/laduni.id)

LADUNI.ID, Batang - Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (KBNU) Desa Sidorejo Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang Jawa Tengah, kembali melanjutkan program dan kegiatan rutin santunan anak yatim dan piatu. Kegiatan biasa dilakukan setiap pada bulan Ramadhan.

Menurut Ketua penyelenggara santunan, Akhlis Faza, progam kegiatan tersebut sudah berjalan selama empat kali setiap tahun di bulan Ramadhan.  

“Kami adakan kegiatan santunan setiap bulan suci Ramadhan. Tahun ini merupakan kegiatan yang ke empat. Karena dengan adanya wabah Covid-19 penyerahan santunan kami berikan secara langsung ke rumah anak yatim dan Piatu,” ujar Akhlis kepada laduni.id, Selasa (19/5/20).

Ia menyebutkan, program tahunan ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini kata dia, penyerahan santunan di akhiri dengan berbuka puasa bersama dan khataman Quran. Karena musim pandemi Covid-19, tentunya sesuai aturan Physical Distancing, kami memperhatikan itu demi menjaga penyebaran virus Covid-19,” kata dia.

“Hal ini sejalan dengan Standard Operasional Prosedur, sehingga tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan pemerintah, yaitu tetap menjaga  keamanan dan kesehatan di tengah merebaknya pandemi Covid-19,” sambung dia.

Baca Juga: RMI Bersama Ulama dan Pesohor Galang Dana untuk Guru Ngaji

Akhlis juga menyebutkan sumber dana santunan. Kata dia, sumber dana didapat dari masyarakat sekitar yang sangat peduli terhadap yatim piatu. Mereka sebagai donatur.

“Selain dari Masyarakat sekitar, donatur  didapatkan secara online dengan membagi famlet open donasi ke beberapa media sosial,” tutur dia.

Ia pun merasa lega. Sebab menurutnya, kegiatan pada Ramadhan tahun ini mencapai target seperti yang telah ditentukan bersama panitia.

“Alhamdulilah dengan membuka open donasi di media sosial, dan juga panitia yang semangat dalam mencari dana untuk santunan tahun kali ini, kami berhasil mencapai target yang ditentukan. Dan kami juga berterima kasih kepada para donantur  maupuan media partner yang sudah membantu kami,” jelasnya

Untuk diketahui, pantauan laduni.id dilokasi, kegiatan santunan tersebut selain sembako dan uang tunai juga terlihat ada bingkisan alat-alat tulis sekolah.

Baca Juga: Program BST Turun, TNI-Polri Lakukan Sinergitas Kawal Pendistribusian

Sementara Ketua Tanfidizyah Ranting NU Sidorejo, KH. Arifin mengapresiasi panitia penyelenggara santunan tersebut.  Karena menurutnya KBNU Ranting Sidorejo bergerak bersama dan sukses.

“Mulai dari Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU). Mereka sangat solid dan semangat dalam mencari donatur untuk mensukseskan program tahunan ini,” kata dia.

Ia berharap program tersebut memberikan manfaat bagi para penerima santunan. “Semoga santunan ini bermanfaat bagi anak yatim dan piatu. Dan kami (KBNU) Insya Allah mendapat keberkahan bulan suci Ramadhan, meskipun ditengah pandemi covid19 yang masih terus berlanjut,” ucap dia.

Baca Juga: Habib Bahar bin Smith Kembali Ditangkap, Ini Alasannya

Ia menambahkan, pertanggung jawaban dari program tersebut akan di sebarkan melalui masjid dan mushalla. “Supaya masyarakat dan para donatur melihat rekapan dana yang sudah kami kumpulkan. Hal ini sebagai upaya kami sebagai transparansi pengelolaan dana tersebut,” imbuhnya.

Kontributor: Rahman Jaya