Biografi KH. Aziz Masyhuri

 
Biografi KH. Aziz Masyhuri
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Daftar Isi Biografi KH. Aziz Masyhuri

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Keluarga
  4. Pendidikan
  5. Peranan di Nahdlatul Ulama (NU)
  6. Karya-Karya
  7. Chart Silsilah Sanad

Kelahiran

KH. Aziz Masyhuri bernama lengkap KH. Abdul Aziz Masyhuri, lahir pada 17 Juli 1942 di Jombang. Beliau merupakan putra keenam dari 13 bersaudara, dari pasangan KH. Masyhuri dan Hj. Aminah Syahid.

Wafat

KH. Abdul Aziz Masyhuri meninggal di usia 75 tahun tepatnya pada tanggal 15 April 2017, pukul 13.45 WIB. Beliau wafat dalam keadaan di atas tempat tidur dalam posisi menghadap kiblat, sementara di sekitar beliau terdapat beberapa buku.

Keluarga

Cerita pernikahan KH. Abdul Aziz Masyhuri dengan cucu Simbah KH. Bisri Syansuri, Denanyar Jombang tidak terlepas dari kecakapan keilmuan yang dimiliki Kiyai Aziz Masyhuri.

Pada tahun 1972, Kiyai Abdul Aziz mengikuti ujian PNS untuk Ujian Guru Agama di Jakarta, namun pemberkasannya di Jombang. Selama proses pemberkasan ini dimanfaatkan untuk sowan KH. Bisri Syansuri dan kurang lebih selama seminggu, beliau menginap di Denanyar. Saat menginap di Denanyar inilah beliau didawuhi menjadi Imam dan Khotib Jum’at serta mengajar kitab.

Penguasaan kitab yang dimiliki Kiyai Aziz Masyhuri ini menarik perhatian Mbah Bisri untuk menjadikan beliau sebagai cucu mantu. Akhirnya beliau dinikahkan dengan Nyai Hj. Anik Nur Azizah, putri pertama KH. Aziz Ali Bishri bin Bisri Sansuri. Pernikagan kedua mempelai dilaksanakan pada 7 Oktober 1972. Dari pernikahan ini, Kiyai Aziz dikaruniai tiga orang keturunan yakni Hj. Bariroh Aziz yang menikah dengan Agus H. M. Najib Muhammad, Hj. Khoridah Aziz menikah dengan H. M Yusuf Zawawi (Alm), Agus H. Abdul Muiz Aziz menikah dengan I’anatul Mufarihah, dan 12 orang cucu.

Sosok KH. Abdul Aziz Masyhuri, selaian sebagai seorang pendidik, beliau juga aktif di organisasi NU dan termasuk seorang penulis yang cukup produktif. Namun, kegiatan utama beliau adalah menjadi pengasuh Pondok Pesantren Al-Aziziyah Denanyar Jombang.

Pendidikan

Kultur pesantren yang kuat, tradisi literasi, serta dorongan dan dukungan kedua orang tua telah membentuk diri KH. Abdul Aziz Masyhuri mencintai ilmu dan tekun belajar sejak kecil. Muthola’ah dan menukil kitab menjadi aktivitas yang dilakoni KH. Abdul Aziz Masyhuri sejak remaja.

Pendidikan awal agama diperoleh Kiyai Aziz Masyhuri muda dari kedua orang tuanya. Kesadaran akan pentingnya ilmu menjadi dasar orag tuanya dalam mendorong Kiyai Aziz Masyhuri dan saudara-saudaranya dalam mendalami ilmu agama.

Kiyai Aziz Masyhuri muda memperdalam keilmuan agama di beberapa pesantren, seperti Pesantren Rejoso Jombang dan Pesantren Krapyak Yogyakarta di bawah asuhan KH. Ali Maksum. Selain di kedua pesantren tersebut, pada bulan Ramadan, Kiyai Aziz muda juga menyempatkan diri untuk belajar di Pesantren Mbah KH. Ma’shum Lasem. Selain itu, beliau juga sempat belajar di Madinah dan Makkah, Arab Saudi.

Selepas belajar dari Krapyak, Aziz Masyhuri muda pulang kampung dan menjadi pengajar di Madrasah Ibtida’iyyah dan Masrasah Tsnawiyah di Raudhatut Tholibin, Senori, Tuban. Kapasitas keilmuan yang dimiliki Aziz Masyhuri membuat dirinya dipercaya untuk menjadi Kepala Madrasah Ibtidaiyyah Banin di Yayasan Sunnatunnur, tahun 1963-1972.  

Peranan di Nahdlatul Ulama (NU)

KH. Abdul Aziz Masyhuri telah berkhidmah di Nahdlatul Ulama sejak masa mudanya di Tuban. Mulai dari Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU dan Pergunu.

Kemudian, karena kecakapan ilmu dan berorganisasi itulah beliau juga sempat mendapatkan kepercayaan di tingkat wilayah (provinsi) sampai di kepengurusan PBNU.

Kiyai Aziz pernah aktif di LP. Ma’arif NU Jawa Timur, Lembaga Dakwah, Lembaga Kemaslahatan Keluarga, menjadi Wakil Katib Syuriah PWNU Jatim, Wakil Rais Syuriah dan Ketua Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI). Sementara di tingkat pusat, Kiyai Aziz sempat diberi amanah menjadi bagian anggota A’wan PBNU dan Ketua PP RMI.

Karya-Karya

Selain mengasuh pesantren dan aktif di organisasi NU, beliau juga aktif menulis. Di antara karya KH. Abdul Aziz Masyhuri Denanyar Jombang adalah sebagaimana berikut ini:

  1. "Menolak Wahabi, Membongkar Penyimpangan Sekte Wahabi; dari Ibnu Taimiyyah hingga Abdul Qodir At-Tilmisani," terjemah dan tahqiq Kitab An-Nushus Al-Islamiyah fir Rad 'alal Wahhabiyyah karya KH. Faqih Maskumambang, Gresik. Buku ini berjumlah 304 halaman dan diterbitkan oleh Penerbit Sahifa, Depok.
  2. "Hukum Suap dalam Islam." Tebal buku: 109 halaman dan diterbitkan oleh Penerbit Bina Ilmu, Surabaya. Buku ini merupakan Ihtisar kitab atau ringkasan dari kitab Jarimatur Risywah, karya Prof. Dr. Abdullah At-Thuraiqi.
  3. "Hukum Jual Beli Kredit."  Buku ini merupakan ihtisar dari Kitab Hukmul Bai' bit Taqsith karya Dr. Amin Ahmad
  4. "Kitab Ahkamul Fuqoha; Masalah Keagamaan Nahdlatul Ulama." Isi kitab ini merupakan dokumentasi Bahtsul Masail Nasional yang diselenggarakan pada Muktamar ke-29 di Tasikmalaya (1994).
  5. "Berbagai Macam Hizib dan Khasiatnya." Penerbit: Pustakan Al-Aziziyah.
  6. "Renungan Buat Penguasa." Jilid I, tebal 132 halalam.
  7. "Al-Mahfudhot (1000 Sya'ir Arab)." Jilid I, tebal 88 halaman.
  8. "Penguasa Bertanya Ulama Menjawab."
  9. "Apa & Siapa 1000 Tokoh Muslim Dunia." 
  10. "Kamus Ushul Fiqh." Tebal 800 halaman.
  11. "Pembaharuan dalam Islam." Tebal 65 halaman. Buku ini merupakan ringkasan dari Kitab Mafhum At-Tajdid, karya Dr. Muhammad At-Thahhan.
  12. "NU dari masa ke masa." Tebal 103 halaman. Penerbit:  Al-Ikhlas, Surabaya.
  13. "Himpunan Ayat Al-Qur'an dan Hadis untuk MTs dan MA." Tebal 388 halaman. Penerbit: Karya Anda, Surabaya.
  14. "Status & Peranan Wanita." Tebal 63 halaman, Penerbit: Ramadlani, Solo. Buku ini merupakan ihtisar dari Kitab Muhammad  Al-Matsal Al-Kamil, karya Prof. Jada Maula.
  15. "Ensiklopedi 22 Aliran Tarekat dalam Tasawuf." Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Imtiyaz pada tahun 2015.
  16. "Al-Fuyudlat Ar-Rabbaniyyah." Kitab ini berisi himpunan hasil Bahtsul Masail Jamiyyah Ahlit Thariqah al-Mu’tabarah an-Nahdliyyah dari Muktamar ke Muktamar.

Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Aziz Masyhuri dapat dilihat di sini.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 02 September 2022, dan kembali diedit dengan penyelarasan bahasa tanggal 17 Juli 2023.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya