Biografi KH. Muhammad Najih Maimoen

 
Biografi KH. Muhammad Najih Maimoen
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi Profil KH. Muhammad Najih Maimoen

  1. Kelahiran
  2. Pendidikan
  3. Mengasuh Pesantren
  4. Chart Silsilah Sanad

Kelahiran

KH. Muhammad Najih Maimoen lahir pada Sabtu Kliwon, 27 R. Awwal 1383 H atau bertepatan pada 17 Agustus 1963 M di Sarang. Beliau merupakan putra kedua KH. Mamoen Zubair.

Nama Muhammad Najih yang terinspirasi dari nama seorang ulama yang konon berasal dari Jawa Timur Pelayaran Tafaqquh Fiddin beliau berawal dari pelabuhan Sarang, tanah kelahiran beliau sendiri.

Pendidikan

KH. Muhammad Najih Maimoen memulai pendidikannya dengan belajar langsung kepada ayahnya, KH. Maimoen Zubair. Kemudian menginjak dewasa beliau melanjutkan pendidikannya dengan belajar di MGS.

Sejak di MGS, beliau sangat bersungguh-sungguh belajar ilmu agama, sehingga di antara teman-teman yang lain, keilmuan beliau kelihatan sangat menonjol.

Setelah itu, beliau juga belajar kepada Sayyid Muhammad yang pada saat itu sedang bermukim di Malang. Selama bermukim di malang Sayyid banyak mengajarkan kitab-kitab salaf. Hingga suatu hari Sayyid menunjuk beliau untuk menjadi muridnya di Makkah.

Atas perintah Sayyid Muhammad, pada sekitar tahun 1982, beliau berangkat ke tanah suci Makkah. Di sana beliau setia berkhidmah pada Sayyid bertahun-tahun.

Mengasuh Pesantren

Melihat keilmuan KH. Muhammad Najih Maimoen yang sudah mumpuni dan pendidikannya yang tinggi, oleh sang ayah, pada tahun 1995 beliau diamanati untuk membimbing dan mengasuh salah satu khos di Pondok Pesantren Al Anwar, khos itu bernama Darus Shohihain sesuai dengan kecintaan beliau pada ilmu hadits.

Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Muhammad Najih Maimoen dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 23 Oktober 2020, dan terakhir diedit tanggal 02 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya