Pesantren Az-Zayadiyy Surakarta

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Az-Zayadiyy Surakarta

Profil

Sebelum Pondok Pesantren Al-Qur’aniyy Az-Zayadiyy berdiri, KH. Ahmad Mustofa(mbah Daris) mengajar Al-Qur’an di Mangkuyudan dan sekitarnya, baik pada putra-putrinya sendiri maupun masyarakat setempat, serta mendirikan pengajian-pengajian Al-Qur’an. (semaan Al-Qur’an dan tadarus Al-Qur’an).

1. Semaan Al-Qur’an Jum’at dan Sabtu Pagi
2. Pengajian Al-Qur’an Ibu-ibu Selasa
3. Penampungan santri dari luar kota Solo untuk dididik tahfidzul Qur’an

Atas desakan berbagai pihak serta bermodalkan perjuangan Izzul Qur’an, beliau mewakafkan sebagian tanah untuk dijadikan sarana demi kelangsungan kegiatan-kegiatan beliau di atas. Sekitar tahun 1980 berdirilah sebuah bangunan berlantai tiga untuk dijadikan penampungan para santri dan aktifitas kegiatan-kegiatan beliau. Yang beralamat di Jl. Sidoasih Barat, Todipan, Laweyan, Surakarta. Hal ini mendapat sambutan yang positif dari masyarakat. Enam tahun kemudian, berdirilah bangunan disebelahnya untuk penampungan santri putri. Dua bangunan itulah Pondok Pesantren Al Qur’aniyy.

KH. Ahmad Mustofa (Mbah Daris) adalah perintis dan pendiri, sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Al-Qur’aniyy Mangkuyudan. Pada hari Rabu Wage 9 April 1997 sekitar jam 06.00 WIB beliau wafat, meninggalkan keluarga dan para santri untuk selama-lamanya menghadap ke hadirat Allah SWT.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.