Gus Baha : Orang Kafir pun Bisa Faham Al-Quran, Anda?

 
Gus Baha : Orang Kafir pun Bisa Faham Al-Quran, Anda?

LADUNI.ID, Jakarta -  KH. Ahmad Bahauddin Nursalim atau yang lebih akrab dipanggil Gus Baha, dalam suatu kesempatan menjelaskan tentang betapa pentingnya memahami kandungan dari kitab suci Al-Quran. 

Rois Syuriah PBNU ini menjelaskan, pertama bahwa al-Quran diturunkan sebagai hudzan, sebagai petunjuk. Kedua Bayanan, sebagai penjelas. Kalau sebagai penjelas, al Quran harus jelas sekali dan bisa menjelaskan. Dan Al Quran mensifiti dirinya : والكتاب المبين (Demi kitab yang memberi penjelasan). 

Sehingga dari sudut ini, orang kafir pun mungkin memahami Quran. Dan menurut saya, orang kafir pun bisa memahami al-Quran. Al-Quran bisa difahami orang kafir itu, betul. 

Logikanya, Gus Baha mengutip dari Imam Syafi'i dalam kitab ar-Risalah, bahwa ketika Quran turun, itu pendengarnya tidak ada yang muslim. Pendengarnya, non muslim. 

Andaikan Al Quran tidak difahami orang kafir, lalu obyek, sasarannya siapa. Oleh sebab itu, aneh kalau kita yang mondok, ngaji kitab Itqon, ulumul Quran, kemudian anda tidak faham al Quran. Padahal, orang kafir saja, bisa faham. Ini menjadi tantangan bagi kita, yang kafir bisa faham al Quran, masak santri tidak faham al Quran. (*)

Sumber : Youtube  (https://youtu.be/YOc83H42uhI)