Catat Sejarah, Amerika Pertama Kali Punya Kepala Polisi Beragama Islam

 
Catat Sejarah, Amerika Pertama Kali Punya Kepala Polisi Beragama Islam

LADUNI.ID, Jakarta - Untuk pertama kalinya, Amerika Serikat (AS) tepatnya di Kota Peterson  memiliki polisi muslim. Polisi tersebut bernama Ibrahim “Mike” Baycora, seorang pria muslim keturunan AS-Turki. Baycora diangkat sebagai Kepala Polisi di kota bagian New Jersey itu.

Baycora merupakan muslim pertama yang menjabat sebagai kepala polisi di Kota tersebut. Ia disumpah sebagai kepala polisi ke-17 Paterson dalam sebuah upacara di balai kota. Dia telah bertugas di departemen kepolisian kota selama lebih dari tiga dekade. Baycora menggantikan Troy Oswald, yang pensiun pada Februari.

Baycora memngaku bangga dengan kebangsaan dan asal usulnya. “Sebagai seorang anak dari sisi timur Paterson yang tumbuh di sini, Paterson telah menjadi rumah saya selama setengah abad yang sangat baik,” katanya.

“Paterson telah berada dalam darahku sepanjang hidup saya, dan sekarang menjadi kepala polisi setelah 32 tahun berkarir, sungguh suatu kehormatan,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Paterson, Andre Sayegh mengatakan kota Paterson dan Baycora telah mencatatkan sejarah baru di AS.

“Baycora akan menjadi kepala polisi Turki pertama dalam sejarah AS. Dia akan menjadi kepala polisi Muslim pertama di kota Paterson. AS telah membuat sejarah,” terang Sayegh, seperti dilansir Anadolu Agency, Kamis (6/2) kemarin.

Dalam upacara tersebut, dimulai dengan lagu kebangsaan dan doa-doa. Pelantikan juga dihadiri oleh anggota komunitas Turki di New York dan New Jersey, pejabat senior dari pemerintah lokal Paterson dan keluarga serta kerabat Baycora.