Ziarah Makam KH. Ilyas Ruhiyat, Muasis Pesantren Cipasung Tasikmalaya

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah Makam KH. Ilyas Ruhiyat, Muasis Pesantren Cipasung Tasikmalaya

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Beliau adalah ulama besar yang pernah menjadi Rais Aam PBNU 1992-1999. Selain sebagai Rais Aam PBNU era Gus Dur, KH. Ilyas Ruhiyat adalah pengasuh pesantren Cipasung Tasikmalaya, Jawa Barat. 

Pada tahun 1994, pesantrennya pernah dijadikan tempat Muktamar NU ke-29, muktamar tersebut berhasil memenangkan Gus Dur berhasil melawan kooptasi rezim negara Orde Baru terhadap organisasi Muslim terbesar di dunia itu.

KH. Ilyas memulai kariernya di organisasi NU sejak tahun 1954 dengan terpilih sebagai Ketua NU Cabang Tasikmalaya.
KH. Ilyas Ruhiyat juga adalah salah satu guru spiritual Gus Dur dan menjadi salah satu kiai khos yang memberi nasehat dan masukan kepada Gus Dur.

Profil

KH. Muhammad Ilyas Ruhiat lahir pada 31 Januari 1934 di Cipasung, Tasikmalaya, Jawa Barat, Ayah beliau adalah ulama besar di Tasikmalaya yang bernama KH. Ruhiat dan Ibu beliau bernama Hj. Aisyah.

Guru-guru beliau di antaranya:
1. KH. Ruhiat
2. KH. Abdullah Syatori

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi  KH. Muhammad Ilyas Ruhiat

Lokasi Makam
Makam KH Ilyas Ruhiyat berada di belakang komplek pondok pesantren (ponpes) Cipasung, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Haul
Haul
KH. Ilyas Ruhiyat diperingati bersamaan dengan pendiri pesantren Cipasung KH. Ruhiyat (ayah beliau) yang diadakan di pesantren Cipasung, untuk tanggal peringatan beliau pihak keluarga pesantern yang akan memberitahukan tanggal haul beliau.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani
1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah
Makam KH. Ilyas Ruhiyat banyak dikunjungi para peziarah. Tak hanya datang dari wilayah Mojokerto saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang makamnya berada di dalam pesantrenCipasung yang terletak di Jl. KH. Ruhiat, RT.02/RW.7, Cipakat, Kec. Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat

Ada keyakinan dari masyarakat yang datang ke sana bahwa dengan berziarah dan berdoa di makam KH. Ilyas Ruhiyat, maka segala hajat pasti akan terkabul. Bahkan bagi beberapa kalangan, dengan berdoa kepada Allah dan bertawassul kepada KH. Ilyas Ruhiyat, maka akan diberi kemudahan dalam mencari mata pencaharian, dimudahkan dalam mencari ilmu, dimudahkan dalam memperoleh derajat. Karena itu tak jarang yang datang ke sana adalah orang-orang dari golongan pejabat. Bagi para pedagang, berdoa di makam beliau maka diberi jaminan kesuksesan dalam usaha yang dijalankannya.

Oleh-oleh
Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Tasilmalaya di antaranya:
Batik Tasikmalaya, Kelom Geulis, Payung Geulis, Keripik Sukun, Wajit, Sale Pisang, Opak, Tutug Oncom.