Konsultasi Siap Nikah: Menjadi Pribadi yang Menyenangkan, Mungkinkah?

 
Konsultasi Siap Nikah: Menjadi Pribadi yang Menyenangkan, Mungkinkah?

Assalamu’alaikum wr wb.
Salam kenal mbak Nur, saya Ifa, 22 tahun. Saya baru saja wisuda S1 pada akhir bulan Oktober 2019. Alhamdulillah, setelah melamar di beberapa perusahaan saya diterima di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Pekerjaan saya ini mengharuskan saya berinteraksi dengan banyak orang padahal saya orangnya pemalu dan tidak mudah memulai percakapan dengan orang baru. Mbak Nur, di dunia kerja ini saya ingin berubah menjadi pribadi yang menyenangkan dan mudah bergaul agar menunjang karir saya kelak. Tolong donk mbak Nur, bagi tipsnya agar saya bisa menjadi pribadi yang lebih menyenangkan baik di tempat kerja maupun di lingkungan pergaulan dengan teman-teman saya.
Terima kasih.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Ifa di Semarang

Tanggapan :
Wassalamu’alaikum wr wb.
Hai Ifa, salam kenal kembali ya. Selamat atas gelar sarjana yang baru saja diperoleh. Beruntung sekali Ifa, bisa segera mendapatkan pekerjaan tidak lama setelah lulus kuliah. Sekali lagi selamat ya.
Menjadi orang menyenangkan tentunya merupakan keinginan yang sangat wajar bagi semua orang, apalagi di lingkungan pekerjaan yang relatif baru. Terbangunnya hubungan yang baik akan membuat produktivitas kerja kita meningkat, berkualitas dan mempermudah kerja sama tim.
Nhah, mbak Nur punya beberapa tips agar menjadi pribadi yang menyenangkan. Yuk ikuti tips berikut ini :

1. Hadir Tepat Waktu
Mendisiplinkan diri dengan selalu hadir tepat waktu akan menjadi first impression (kesan pertama) yang baik sehingga memberikan nilai positif dirimu dalam pandangan rekan kerjamu.

2. Terapkan 3 S
Biasakan untuk menerapkan 3 S atau senyum, salam dan sapa. Kebiasaan ini akan membuat orang – orang di sekelilingmu menyadari keberadaanmu dan menciptakan suasana kerja yang nyaman. Saling becanda bisa dilakukan di waktu istirahat agar interaksi dengan rekan kerja menjadi lebih hangat dan akrab.

3. Sopan dan Menghargai
Bersikap sopan dan menghargai merupakan “share and growth” maksudnya adalah apabila kita sopan dan menghargai orang lain maka kita pun akan mendapat perlakuan yang sama. Nah jika kita ingin diperlakukan sopan dan dihargai, maka kita pun harus melakukannya terlebih dahulu. Bersikap sopan dan menghargai ini tidak hanya kita terapkan pada atasan, tetapi juga kita terapkan pada rekan kerja dan juga bawahan kita.

4. Inisiatif dan Inovatif
Inisiatif adalah bertindak untuk kebaikan orang lain atau bersama berdasarkan dari pemikiran sendiri tanpa adanya suruhan/perintah. Sedangkan inovatif adalah ide – ide baru terkait pekerjaan di perusahaanmu. Apabila kamu bisa mengembangkan inisiatif dalam dirimu dan mampu berinovasi, maka kamu akan menjadi orang yang dipertimbangkan di perusahaanmu.

5. Jujur
Bersikap jujur akan membuat kita dipercaya oleh orang lain, termasuk atasan kita. Menjadi orang yang dapat dipercaya tentunya menyenangkan dan membuat lingkungan kerja menjadi kondusif, sehingga atasan pun tidak akan segan memberikan tanggung jawab terhadap tugas – tugas tertentu.

6. Selalu Gunakan Tiga Kata Ajaib
Tiga kata ajaib yang wajib kita terapkan dalam kehidupan sehari – hari adalah “tolong”, “maaf”, dan “terima kasih”. Tiga kata ini akan menunjukkan bahwa kita adalah pribadi yang baik dan rendah hati.

7. Peka dan Peduli
Latihlah kepekaan terhadap lingkungan sekitar, kemudian tunjukkan kepedulianmu terhadap apa yang terjadi di sekitar lingkungan kerjamu. Misalnya, apabila ada rekan kerja yang kesulitan atau mempunyai masalah, tawarkan bantuan yang mungkin bisa kamu lakukan. Bersikap antusias apabila ada rekan kerja yang bercerita tentang sesuatu, hal ini akan memberikan kesan bahwa kamu orang yang baik dan peduli.

Mengembangkan diri bisa dilakukan secara bertahap dan belajarlah sesuai dengan situasi dan kondisi yang kamu alami sehari – hari. Ingatlah, kebiasaan yang baik akan membentuk karakter diri yang baik pula. Semangat ya.

Wassalamu’alaikum wr wb.
Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun