Khatmil Qur'an 400 Hafidz dan Hafidzah di Maqbarah Gus Dur Berjalan Lancar

 
Khatmil Qur'an 400 Hafidz dan Hafidzah di Maqbarah Gus Dur Berjalan Lancar

LADUNI.ID, Jombang - Memperingati haul ke-10 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur digelar khatmil qur'an. Pada Khataman Quran yang diikuti oleh ratusan hafidz dan hafidzah ini berjalan lancar. Adapun ke 300 hafizdah beserta kurang lebih 100 hafizd ini berasal dari berbagai pondok tahfizd di daerah Jawa Timur diantaranya Kediri, Malang, Lamongan, dan Madura.

Menurut Ustadz Sulaiman, salah seorang penanggung jawab acara khatmil Quran, mengungkapkan rasa syukur atas terselenggaranya khatmil Quran yang diikuti ratusan penghafal Al Quran. 

“Alhamdulillah acara ini bisa diikuti kurang lebih 400 hafidz dan hafidzah dari berbagai daerah di Jawa Timur. Diantranya  Kediri, Malang, Lamongan, hingga Madura. Setiap orang mendapatkan jatah 10 juz untuk dihatamkan,” tutur Sulaiman, Jumat (20/12).

Sulaiman juga mengungkapkan bahwa, meski acara ini dihadiri para hafizd dan hafidzah, namun khatmil Quran tetap dibuka untuk umum. Karena masyarakat sangat antusias mengikuti acara tersebut, khususnya di daerah sekitar Jombang.

“Ya walupun diikuti para hafidz tentunya kita tidak bisa mengkhususkan acara ini, karena masyarakat sangat antusias ketika mengikuti acara haul Gus Dur, oleh kerena itu ya harus dibuka untuk umum,” lanjutnya, seperti dikutip Laduni.id dari laman tebuireng.online.

Cucu Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari, KH. Fahmi Amrullah Hadziq (Gus Fahmi) menghadiri langsung acara penutupan Khatmil Quran. Dalam sambutannya, ia menyampaikan terima kasih atas antusiasme peserta serta permohonan maaf atas nama pesantren. 

Selain ucapan terima kasih dan permintaan maaf, Gus Fahmi juga berharap kepada masyarakat untuk tetap antusias dalam mengikuti acara haul pada setiap tahunnya, agar mendapat berkah masyayikh Tebuireng, khususnya KH. Hasyim Asyari.

Untuk diketahui, acara yang diikuti para hafizd ini dimulai sejak pukul 05.30 Wib hingga pukul 11.00 Wib pada Jumat (20/12/19). Rangkaian acara haul ini dibuka langsung oleh KH. Muhammad Syakir Ridwan, selaku Majelis keluarga Pondok Pesantren Tahfidz Madrasatul Quran Tebuireng (MQ).