Syaikhona Kholil dan Habaib :Potret Kemesraan Kiai dan AhlulBait

 
Syaikhona Kholil dan Habaib :Potret Kemesraan Kiai dan AhlulBait

LADUNI.ID - Dari belasan manuskrip yang ditemukan oleh Tim Turots Syaikhona Kholil, ada satu kitab yang menurut saya sangat berharga dan menarik. Sebuah kitab dengan belasan halaman yang berisikan biografi Syaikhona Kholil. Manuskrip kitab ini ditemukan di Ndalem KH. Nashir Yasin Senenan Bangkalan. Belakangan hampir bisa kami pastikan bahwa kitab tersebut merupakan karya Musnid addunya Syaikh Yasin Bin Isa Al-Fadani yang ditulis dengan tangan beliau sendiri. Tentunya bukan suatu hal yang mengherankan jika beliau sampai menuliskan biografi Syaikhona dalam sebuah risalah khusus, dikarenakan sanad-sanad Syaikh Yasin dalam beberapa kitab memang bersambung ke Syaikhona Kholil melalui dua guru beliau yang pernah berguru kepada Syaikhona : Kh. Maksum Lasem dan Syaikh Tubagus Bakri Banten

Yang istimewa dalam kitab ini adalah nama-nama guru Syaikhona Kholil di tanah Hijaz yang disebutkan dengan sangat lengkap. juga ketika Syaikh Yasin menerangkan sekilas tentang Akhlak dan Manaqib Syaikhona, setelah menyebut bahwa Syaikhona adalah sosok gemar membaca wirid dan Al-Quran, sampai-sampai konon beliau rajin menghatamkan Al-Quran setiap harinya, setelah menyebut bahwa Syaikhona memiliki adab dan tadhim yang sangat tinggi kepada para gurunya. Syaikh Yasin juga menulis :

" beliau juga dikenal memiliki rasa hormat dan tadhim yang sangat besar kepada semua ahlul bait dan orang-orang arab. Tidak pernah ada ulama Nusantara yang menghormati Ahlul Bait melebihi beliau. Beliau tidak pernah memuliakan dan menghormati seseorang melebihi penghormatan beliau kepada para Asyraf (Habaib).

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN